Jepang perkenalkan sistem microgrid pertama yang pasok listrik ke 117 rumah tangga

Jepang perkenalkan sistem microgrid pertama yang pasok listrik ke 117 rumah tangga

Area di mana Smart City Shioashiya Solar-Shima PanaHome tengah dikembangkan (Antara/BUSINESS WIRE)

Terpilihuntuk program subsidi METI pada 2017 guna meningkatkan produksi energi lokaluntuk konsumsi lokal dengan memanfaatkan karakteristik regional

 

HYOGO, Jepang--(Antara/BUSINESS WIRE)-- PanaHomeCorporation, ENERES Co., Ltd, IBJ Leasing Co., Ltd. dan Public Enterprises Agency Hyogo Prefectural Government akan memulaipengembangan sistem microgrid (sistemmanajemen distribusi energi regional) perkotaan (*1) mulai Oktober 2017.

 

Lihat rilis pers multimedia selengkapnya di sini: http://www.businesswire.com/news/home/20171005005546/en/

 

[Video] JepangPerkenalkan Sistem Microgrid Pertama yang Pasok Listrik ke 117 Rumah Tangga -Smart City Shioashiya

https://www.youtube.com/watch?v=8Br0QgUxvK4

 

Sistem microgridini akan memasok listrik ke 117 rumah tangga di Zona D4 Smart City ShioashiyaSolar-Shima, yang didesain dan dikembangkan oleh PanaHome di Ashiya City, HyogoPrefecture. Pada 9 Agustus 2017, proyek itu terpilih sebagai bagian dariprogram subsidi Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri guna meningkatkanproduksi energi lokal untuk konsumsi lokal dengan memanfaatkan karakteristikregional.

 

Proyek patungan ini dilakukan oleh PanaHome, ENERES,IBJ Leasing dan Public Enterprises Agency.Proyek tersebut berkonsep "kota yang saling terhubung dengan energi untukhidup." PanaHome membeli tanah yang dikembangkan oleh Public Enterprises Agency. Panasonic Corporation dan City of Ashiyajuga bekerjasama mengembangkan proyek ini. Bagian dari proyek itu memerlukansistem microgrid yang pertamadimiliki Jepang (*2). Energi surya akan digunakan untuk menerangi 80% ataulebih (*3) dari seluruh distrik perumahan. Ini dimungkinkan dengan mengalirkanlistrik dari perusahaan swasta (*4) ke distrik perumahan dan berbagi dayalistrik antar rumah. Bahkan ketika aliran listrik yang biasanya di kawasantersebut terganggu dalam keadaan darurat, jaringan listrik dari perusahaanswasta bisa terus memasok listrik melalui rangkaian khusus. Jaringan listrikswasta memungkinkan pasokan listrik dan menetapkan tingkat daya secarafleksibel. Oleh karenanya, ini memberi manfaat bagi para pemilik rumah, yaknibisa menghemat biaya listrik 20%. Tujuan penting lainnya adalah kontribusiterhadap lingkungan, terutama dengan memaksimalkan penggunaan energi terbarukanuntuk mengurangi emisi CO2. Ke depannya, proyek ini akan memberi solusi untukberbagi daya listrik antar bangunan, mencegah pemadaman listrik di berbagaiarea di luar negeri di mana jaringan listriknya lemah, dan dalam memperlihatkansolusi tersebut di luar negeri.

 

[Tanggung jawab masing-masing peserta proyek]

 

Pemohon

 

-PanaHome (Pemohon utama)

Desain, pengembangan, konstruksi rumah, dankeseluruhan perencanaan kota pintar ini

 

-ENERES (Pemohon bersama)

Jasa manajemen energi

 

-IBJ Leasing (Pemohonbersama)

Memiliki dan mengelola jaringan listrik swasta

 

-Hyogo Public EnterprisesAgency (Pemohon bersama)

Pengembangan lahan pemukiman dan kerjasama regional

 

[Mitra]

 

-City of Ashiya, Hyogo Prefecture

Kerjasama regional untuk pembangunan kota Shioashiya

 

-Panasonic Corporation

Kerjasama dalam hal sistem manajemen penyimpanantenaga listrik, dukungan teknis, serta keamanan dan manajemen jaringan listrikswasta

 

[Latarbelakang]

 

Setelah gempa bumi Great East Japan, muncullah permintaan akan sistem energiterdistribusi yang sangat tahan terhadap bencana. Gempa itu membuktikan sistemenergi terpusat rentan terhadap bencana tersebut. Sementara itu, penting untukmengimbangi secara fleksibel pasokan listrik yang tak stabil dengan ekspansibesar-besaran dalam penggunaan energi terbarukan. Di samping itu, perlu adanyaperubahan dari penggunaan tenaga surya melalui skema feed-in-tariff (FIT), menjadi penggunaan luas sumber listrik tenagasurya melalui penggunaan secara efektif produksi energi lokal untuk konsumsilokal.

 

Sejak 1998, Hyogo Prefecture dan City of Ashiyatelah melaksanakan pengembangan di area Shioashiya, yang berada di distrikMinami Ashiya-hama, berdasarkan pengembangan kota yang menghubungkan orang.Mulai 2012, PanaHome mengembangkan Smart City Shioashiya Solar-Shima, yangterdiri atas kurang lebih 400 rumah individu dan tiga komplek kondominium(total 83 kondominium). Bangunan sangat hemat energi dan pengembangan kotaberskala besar oleh perusahaan ini, yang memaksimalkan penggunaan energiterbarukan telah memperoleh penghargaan, bahkan dari luar negeri. Baru-baruini, perusahaan tersebut dianugerahi Gold Award dalam kategori "Smart Buildings"pada ESCI (*5) Best Practice AwardsAPEC (Asia Pacific Economic Cooperation) ketiga.

 

[Ikhtisarsistem microgrid dan skema pasokan terperinci (*6)]

 

Pembangkit listrik tenaga surya (4,6kW), selpenyimpanan (11,2kWh) dan HEMS (*7)telah dipasang di tiap-tiap rumah tangga dalam proyek ini. Di dalam distrikperumahan ini, sel penyimpanan tiap rumah dihubungkan oleh jaringan listrikswasta. Unit kontrol sel penyimpanan memungkinkan pembalikan arus listrik dansaling berbagi daya listrik antar rumah. Ini merupakan sistem microgrid pertama (sistem distribusienergi regional) di Jepang.

 

Skemapasokan terperinci menggunakan jaringan listrik swasta

 

Asosiasi manajemen ini terdiri atas para pemilikke-117 rumah di distrik pemukiman tersebut. Asosiasi manajemen inimengalihdayakan manajemen kontrol sel penyimpanan listrik ke ENERES, perusahaandengan keahlian di bidang ini. Berdasarkan skema pasokan terperinci untukmengontrol pasokan listrik dari sel penyimpanan ke anggota asosiasi (penghuni),pengoperasian sistem EMS (*8) dan penyediaan cakupan listrik ke seluruh distrikakan dimungkinkan dengan menggunakan solusi lingkungan IBJ Leasing, yangberasal dari pengetahuan finansialnya, guna memperkenalkan jaringan listrikswasta.

 

- Lokasi bisnis: Smart City Shioashiya Zona D4

- Situs Suzukaze-cho, Ashiya, Hyogo, Japan

- Cakupan: Smart City Shioashiya Zona D4

- Energi terbarukan utama: Kurang lebih 32.007,92 m2

- Energi yang terbagi: Tenaga listrik

- Mulai beroperasi: Oktober 2018

 

[Fitursistem microgrid]

 

1.Tingkat daya yang rendah dan kontrol daya listrik gratis karena penggunaanjaringan listrik swasta

Penggunaan jaringan listrik swasta memungkinkankontrol penerimaan daya listrik dan sel penyimpanan secara gratis di distrikperumahan dan menetapkan tingkat daya secara fleksibel. Lagi pula, pengurangantingkat daya sebesar 20% dimungkinkan dengan meningkatkan swasembada energiterbarukan dengan berbagi daya antar rumah.

 

2.Menyeimbangkan penawaran-permintaan tenaga listrik di kawasan ini melaluikontrol regional sel penyimpanan

Permintaan puncak tenaga listrik akan dikontrol diarea ini melalui kontrol regional sel penyimpanan yang dihubungkan olehjaringan listrik swasta. Dengan menandatangani kontrak untuk menerima tenagalistrik dengan perusahaan listrik baru (di sini disebut sebagai PPS (*9)),ketika diperkirakan bahwa area tersebut akan melampaui pasokan daya listrikyang dijanjikan, sistem ini memerintahkan debit tenaga listrik untukmengimbangi pasokan tenaga listrik.

 

3.Pasokan daya listrik terus-menerus meskipun pasokan dari jaringan utamaditangguhkan (rangkaian terperinci)

Dalam penggunaan energi normal, seluruh distrik akanmemaksimalkan penggunaan tenaga surya. Apabila terjadi kekurangan tenagalistrik, energi terbarukan akan dipasok melalui jaringan PPS (sumber tenagalistrik FIT (*10)) guna memelihara pasokan daya listrik yang stabil. Dalamkeadaan darurat di mana jaringan listrik utama terganggu, listrik bisa terusdialirkan ke rumah-rumah di distrik itu dengan memasok listrik ke rangkaianterperinci (kulkas, lampu, pengisi daya ponsel, dll.) dari penyimpanan daya disel penyimpanan atau tenaga surya yang dihasilkan di distrik tersebut.

 

[Ikhtisarberbagi daya di antara rumah di distrik ini]

 

Dalam proyek ini, semua rumah dilengkapi denganpembangkit tenaga surya, sel penyimpanan, dan HEMS. Sel penyimpanan yangdipasang di tiap rumah terhubung sehingga membentuk jaringan. Tenaga listrikyang disimpan di sel penyimpanan (11,2kWh) bisa dibagi oleh ke-117 rumah didistrik ini. Seolah ada sel penyimpanan raksasa berkekuatan 1,3MWh. Rumahdengan kelebihan listrik bisa berbagi dengan rumah yang kekurangan listrik. Inimengurangi perlunya membeli energi dari sumber eksternal dan memaksimalkanpenggunaan tenaga surya yang dihasilkan di distrik tersebut.

 

[Manfaatyang diharapkan]

 

1. Tingkat swasembada 80% atau lebih karena produksidan konsumsi lokal tenaga surya (manfaat lingkungan)

 

2. Pengurangan tenaga listrik 20% karena adanyakontrol penerimaan daya listrik dan sel penyimpanan (manfaat ekonomi)

 

3. Penggunaan energi terbarukan 100% (tenaga suryayang dihasilkan di distrik ini dan sumber FIT di luar distrik perumahan)(manfaat lingkungan)

 

4. Bisa memasok tenaga listrik bahkan ketika pasokanlistrik dari jaringan utama terganggu (rangkaian yang ditunjuk) (menghadapibencana)

 

5. Mengimbangi pasokan listrik di kawasan ini(manfaat sosial)

 

[Penyebaranhibrida microgrid VPP (*11) uji kelayakan]

 

Di samping penyebaran microgrid, uji kelayakan unitkontrol VPP akan dilakukan. Ketika instruksi, termasuk perintah responpermintaan (*12) dari agregator sumber daya (*13), datang dari atas, tujuannyaadalah mengontrol arus masuk dan keluar tenaga listrik dari sel penyimpanan ditiap rumah guna menghadapi peningkatan atau penurunan konsumsi listrik dikawasan tersebut, seolah-olah itu semua berfungsi sebagai satu pembangkitlistrik.

 

Catatan:

*1. Jaringan listrik berskala kecil. Fasilitaspembangkit listrik kecil, termasuk pembangkit listrik tenaga surya, didirikandi suatu area untuk melengkapi permintaan akan daya listrik menggunakanproduksi dan model konsumsi lokal.

*2. Merupakan titik pertama Jepang yang berbagitenaga listrik secara bersamaan di 117 rumah tangga dengan mengoperasikanjaringan listrik swasta di kawasan pemukiman.

*3. (Jumlah tenaga surya yang dikonsumsi sendiri +jumlah kelebihan tenaga yang dibagi) Total konsumsi daya listrik (Secaratahunan; berdasarkan simulasi yang dilakukan oleh PanaHome)

*4. Jaringan listrik yang dipasang oleh swasta untukmemasok daya listrik tanpa mengandalkan perusahaan listrik umum.

*5. EnergySmart Communities Initiative (ESCI): Jaringan yang diperkenalkan pada 2010dalam pertemuan APEC di Yokohama. Negara dan wilayah anggota APEC bekerjasamadalam proyek di lima bidang - bangunan pintar, jaringan pintar, kota modelrendah karbon, pekerjaan dan konsumen pintar, serta transportasi pintar -melalui perkenalan teknologi baru.

*6. Pasal 17 ElectricBusiness Act (Specified Supply):Sistem di mana pemasok tenaga listrik yang memenuhi kriteria tertentumemperoleh lisensi untuk tiap lokasi di mana mereka akan mengalirkan listrikdan memasok listrik ke target spesifik itu.

*7. HomeEnergy Management System (HEMS): Penggunaan energi tidak hanya diperjelastapi juga mengontrol secara optimal penggunaan listrik perangkat elektronikkonsumen dan fasilitas listrik di rumah.

*8. EnergyManagement System (EMS): Memonitor dan mengontrol energi melalui jaringan,termasuk menggunakan energi, menggunakan daya listrik, serta mengelolafasilitas secara jelas dan optimal.

*9. PowerProducer and Supplier (PPS): Produk tenaga listrik skala yang ditunjuk,umumnya dikenal sebagai pemasok tenaga baru. Perusahaan yang memperoleh lisensidan baru memasuki industri tenaga listrik.

*10. Tenaga listrik yang menggunakan sumber Feed-in Tariff (FIT) (sistem di manaharga beli energi terbarukan ditentukan oleh hukum)

*11. VirtualPower Plant Response (VPP): Jaringan atau sistem yang mengontrol secaraterpusat sejumlah tenaga surya kecil atau pembangkit lain seolah-olah merupakansatu pembangkit listrik besar.

*12. Agregator sumber daya mengumpulkan sumber dayaenergi dari konsumen untuk produsen energi (perusahaan pengiriman dandistribusi tenaga listrik, perusahaan listrik ritel, serta produsen listrikenergi terbarukan).

*13. DemandResponse: Mengubah pola konsumsi daya listrik dengan membatasi penggunaanlistrik konsumen melalui insentif atau dengan menaikkan tingkat selama masa dimana harga pasar meroket atau apabila keandalan jaringan tersebut lemah,seperti apabila pasokan dan permintaan akan tenaga listrik mengalami krisis.

 

Sumber: http://news.panasonic.com/global/topics/2017/50883.html

 

TautanTerkait

 

[Video] Jepang Perkenalkan Sistem Microgrid Pertamayang Pasok Listrik ke 117 Rumah Tangga - Smart City Shioashiya

https://www.youtube.com/watch?v=8Br0QgUxvK4

 

WebsiteSmart City Shioashiya "Solar-Shima" (bahasa Jepang)

http://city.panahome.jp/sorashima/index.php?frm=shioashiya

 

PanaHome Global

http://www.panahome.jp/english/

 

HEMS (HomeEnergy Management System) | IndustrialDevices & Solutions

https://industrial.panasonic.com/ww/applications/ha/hems

 

ENERES Co., Ltd. (bahasa Jepang)

https://www.eneres.co.jp/

 

IBJ Leasing Co., Ltd.

https://www.ibjl.co.jp/en/index.html

 

Hyogo Prefecture

https://web.pref.hyogo.lg.jp/fl/index.html

 

Lihat versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20171005005546/en/

 

Kontak

 

Panasonic Corporation

Global Communications Department

Global PR Office

Klik di sini untuk masuk ke formulir MediaContact

 

Sumber: Panasonic Corporation

 

Pengumumanini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya.Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus denganpenunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yangdimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017