Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar sosialisasi pendidikan politik yang diikuti ratusan perempuan dari berbagai profesi.

“Sosialisasi pendidikan politik perempuan ini kami menghadirkan  atau mengundang 100 perempuan, untuk mengetahui tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024,” kata Ketua KPU Kutim Siti Ahlis Muaffin, di Sangatta, Kamis.

Ia menjelaskan sosialisasi tahapan Pilkada 2024 yang sedang berjalan perlu diketahui, saat ini telah melakukan verifikasi dokumen persyaratan bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kutim.

“Tahapan terakhir pendaftaran pada  22 September 2024 untuk ditetapkan atau tidak ditetapkan sebagai pasangan calon. Pada tanggal 23 September kami akan melakukan pengundian nomor urut,” jelasnya.

Akhlis mengimbau kepada peserta sosialisasi agar terus memantau media resmi KPU Kutim, untuk mengetahui segala tahapan Pilkada yang berjalan.

Lanjutnya, bukan hanya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim, tetapi juga terkait pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur.

Ia menegaskan agar para ibu-ibu dapat mencari info pasangan calon kepala daerah yang akan menjadi pilihan pada 27 November 2024 mendatang.

“Cari pengetahuan bakal pasangan calon, dari visi misi, biodata, sepak terjang mereka. Semua ada di genggaman ibu-ibu sekalian,” katanya. 

Akhlis mengingatkan betapa pentingnya peran perempuan Kutai Timur dalam mensukseskan Pilkada 2024. Oleh karena itu para perempuan harus mengetahui segala tahapan-tahapan Pilkada yang berlangsung.

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024