Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melantik 233 prajurit siswa menjadi prajurit TNI Angkatan Darat dengan pangkat Prajurit Dua (Prada), Kamis.
 

Para prajurit tersebut telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat Gelombang II Tahun 2021 yang berlangsung selama lima bulan di Resimen Induk Kodam (Rindam) VI Mulawarman di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Pelantikan berlangsung secara virtual dengan Pangdam Teguh Rumekso di Ruang Yudha Markas Kodam VI Mulawarman di Balikpapan dan para prajurit yang dilantik ada di Gedung Loyalis Markas Komando Rindam di Banjarbaru. Prada Dwiky Agus Wibisana terpilih menjadi siswa terbaik angkatan ini.

“Selamat dan sukses kepada Saudara semua. Terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, hayati dan amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, jadilah prajurit kebanggaan TNI AD dalam setiap melaksanakan tugas,” amanat Pangdam Teguh kepada para prajurit yang sebagian besar masih dalam usia akhir belasan tahun itu.

Pangdam Teguh menambahkan, ilmu pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan yang sudah diajarkan pelatih merupakan bekal dasar untuk melaksanakan tugas sebagai prajurit tamtama. Ilmu itu akan terus ditambah lagi dengan pendidikan dasar kecabangan.

Panglima Teguh Rumekso juga mengingatkan, bahwa para prajurit siswa yang berasal dari berbagai kalangan ini telah mengalami perubahan status sosial dari yang semula masyarakat sipil menjadi anggota militer. Perubahan status itu selain menjadi kebanggaan keluarga juga menuntut kesadaran dan disiplin tinggi.

“Sayangi dirimu dan keluargamu dengan menghindari semua bentuk pelanggaran,” tegas Panglima.

Pendidikan prajurit tamtama di TNI Angkatan Darat bersyarat serendahnya harus lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat, usia saat mendaftar tidak lebih muda dari 17 tahun 9 bulan. Bila lulus syarat administrasi, calon tamtama kemudian harus menjalani tes kesehatan jasmani, mental ideologi, dan tes psikologi sebelum menempuh pendidikan dan latihan dasar kemiliteran. 

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022