Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (20/7), telah menetapkan penduduk Kukar ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2013 mencapai 497.928 orang.  

Jumlah pemilih tetap itu tersebar di 18 kecamatan dan berhak menggunakan hak suara menentukan pasangan Gubernur mana yang diinginkan.
 
Ketua KPU Kukar Rinda Desianti saat ditemui di kantornya, Selasa (23/7) lalu, mengatakan jumlah DPT ini tidak mungkin lagi berubah.

"Karena selain sudah ditetapkan melalui Rapat Pleno juga waktu untuk melakukan perunahan tidak ada lagi. Di samping itu sesuai jadwal yang telah ditetapkan disetuuji KPU Pusat dan Provinsi Kaltim," ujarnya.  

Dikatakannya, dari jumlah DPT itu maka Kecamatan Kota Tenggarong memiliki 77.286 pemilih atau terbanyak se-Kukar.

Disusul kemudian Kecamatan Loa Janan 48.952 pemilih dan posisi ketiga terbesar Kecamatan Tenggarong Seberang dengan jumlah 46.905 pemilih.

Sedangkan jumlah DPT terminim terdapat di Kecamatan Muara Wis dengan hanya 6.044 pemilih saja. Kemudian terminim kedua adalah Kecamatan Tabang yaitu 7.399 pemilih dan Kenohan 7.772 pemilih.  

Jika diakumulasikan jumlah DPT Kukar itu mencapai 497.928 DPT. ”Jumlah ini sudah termasuk pemilih pemula yang saat Pilgub September nanti telah berusia usianya 17 tahun," katanya. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar