Penajam (ANTARA Kaltim) -  Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Komunikasi dan Komunikasi Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melakukan penertiban terhadap trayek angkutan umum yang selama ini dinilai belum maksimal.

"Ketentuan trayek sudah ada, tapi masih ada angkutan umum yang berebut jalur," ungkap Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser utara, Buhadi ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, tengah melakukan kajian dan perbaikan serta penertiban trayek angkutan umum.

"Kami berupaya melakukan perbaikan dan penertiban jakur yang tercantum dalam trayek," ujar Buhadi.

Menurut dia, masih terjadi perebutan jalur dari empat angkutan umum yang telah memiliki trayek masing-masing di wilayah Penajam Paser Utara.

"Angkutan berwarna hijau dan kuning masih berebut jalur, kami sudah lakukan koordinasi untuk perbaikan trayek yang ada," ucap Buhadi.

Ia menyatakan, untuk melakukan perbaikan trayek tersebut instansinya membutuhkan waktu yang cukup panjang karena harus melakukan kajian terlebih dahulu.

Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pengusaha angkutan umum yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, untuk melakukan penataan ulang trayek itu Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara menunggu proses pembangunan di daerah setempat rampung.

"Kalau pembangunan selesai, kami tidak perlu melakukan lagi penataan trayek angkutan umum," kata Buhadi.

Kendati terjadi konflik terkait trayek antar pengemudi angkutan umum tambahnya, sejauh ini tidak ada gejolak yang ditimbulkan.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016