Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menargetkan sebanyak 20 ribu pengunjung menghadiri Balikpapan Festival (BPN Fest) 2024 yang akan digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome mulai  tanggal 26-29 September 2024.
 
"Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun lalu hanya 17 ribu pengunjung yang hadir," kata Kepala DPOP Balikpapan Cokorda Ratih saat jumpa pers, Senin (23/9).
 
Ratih mengaku optimis 20 pengunjung itu bisa terealisasi mengingat waktu penyelenggaraannya juga lebih panjang satu hari.
 
"Tahun lalu pelaksanaan hanya tiga hari, dan  tahun ini hingga 4 hari, dalam 3 hari saja bisa mencapai 17 ribu, oleh sebab itu saya yakin 20 ribu bisa tercapai di tahun ke lima penyelenggaraan," tutur Ratih.
 
Ratih mengemukakan, target 20 ribu pengunjung tersebut pendapatan hingga Rp4 miliar yang berasal dari hotel/akomodasi, transportasi, maupun transaksi selama Balikpapan Fest.
 
Ia menjelaskan, penyelenggaraan  tahun 2024  untuk pertama kalinya peserta melakukan registrasi menggunakan barcode atau kode batang.
 
"Pengunjung tidak dipungut biaya, cukup menampilkan hasil pindai kode batang," jelas Ratih.
 
Menurutnya  kode batang itu nantinya disiapkan di lokasi acara serta juga sudah diupload di berbagai akun media sosial Kota Balikpapan.
 
"Kami menyediakan di lokasi acara, tapi sebaiknya bisa registrasi terlebih dahulu," pintanya.
 
Di kode batang tersebut, pengunjung akan mengisi nama dan asal wilayah, hal itu untuk melihat dari mana saja pengunjung yang hadir dalam ajang tersebut.
 
Ratih mengemukakan, ajang tahunan di Kota Balikpapan  juga sudah lolos kurasi Kharisma Event Nsuantara (KEN) yang digelar Kemenparekfraf. 
 
"Saingan untuk lolos ini cukup banyak, dan kami berhasil lolos," ucapnya..
 
Ratih menuturkan kegiatan tersebut merupakan kolaborasi DPOP dengan Kemenparekraf, Kemenkominfo, dan para talent, serta pelaku industri kreatif.
 
"Pada saat pelaksanaan kami didampingi Tim Deputi event Kemenparekraf," tutur Ratih.
 
Ratih melanjutkan, tahun 2024 ini BPN Fest mengusung tema Nusantara Kreatif yang akan mengangkat beragam budaya serta kearifan lokal Kaltim dan Nusantara.
 
"Nanti ada penampilan dance dan musik, panitia juga sudah menyiapkan tenda dan panggung, UMKM juga akan mengisi pameran," paparnya.
 
Kemudian juga dihadirkan musik daerah oleh Duta Wisata, hiburan musik dari musisi kota Balikpapan sebanyak 120 pemusik.
 
Sementara itu, untuk persiapan pembukaan, kata Ratih masih menunggu Pejabat Sementara (PJs) Wali Kota, mengingat pada saat bersamaan Wali Kota Rahmad Mas'ud sedang menjalankan cuti kampanye.
 
Ratih menambahkan dalam ajang tersebut menampilkan penyanyi papan atas, salah satunya adalah pelantun lagu 'kesempurnaan cinta' yakni Rizky Febian.
 
"Rizky Febian akan hadir pada 28 September mendatang," kata Ratih.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024