Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur (KPw BI Kaltim) terus melakukan kampanye pemanfaatan pembayaran non-tunai melalui berbagai cara, diantaranya melalui festival kuliner yang dikemas dalam Sekolah Unggul Membangun Makna Edukasi Rupiah Festival (Summer Fest).

Summer Fest ini pun dipadukan dengan Pekan QRIS Nasional (PQN), yakni program nasional untuk memperkuat kampanye Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah, termasuk untuk memperluas penggunaan transaksi non-tunai guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Bahkan dalam Summer Fest dan PQN 2024 ini terjadi pemecahan rekor MURI, yaitu volume transaksi QRIS terbanyak dengan total 21.364 transaksi menggunakan QRIS dalam festival kuliner di Samarinda," ujar Kepala KPw BI Kaltim Budi Widihartanto di Samarinda, Selasa.

Rekor MURI lain yang dipecahkan dalam giat ini adalah pembuatan peta Indonesia dengan bahan koin Rupiah sebanyak 79.000, sehingga dalam Summer Fest dan PQN 2024 pada 15-18 Agustus di lapangan TVRI Kaltim di Samarinda ini terdapat dua rekor MURI yang dipecahkan.

Adanya raihan dua rekor MURI sekaligus tersebut, lanjut Budi, tentu diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap internalisasi Rupiah dan perluasan penggunaan QRIS untuk transaksi non-tunai.

Baca juga: Pengguna QRIS di Kaltim naik 42 persen jadi 760.563

Ia melanjutkan, Summer Fest - PQN 2024 merupakan komitmen BI Kaltim dalam memperkuat internalisasi makna CBP Rupiah, untuk mendukung kedaulatan Indonesia kepada masyarakat.

CBP merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat dalam mengenal karakteristik desain Rupiah, memperlakukan Rupiah dengan tepat, dan menjaga masyarakat dari penggunaan uang Rupiah palsu melalui edukasi yang dilakukan.

BI Kaltim juga terus memperluas transaksi non-tunai oleh masyarakat melalui penggunaan QRIS, sebagai kanal pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

Budi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dari seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan Summer Fest - PQN 2024, seperti Pemprov Kaltim, kabupaten/kota, OJK, dan perbankan maupun penyedia jasa pembayaran karena terus mendukung kebijakan terhadap perluasan digitalisasi pembayaran.

Baca juga: Transaksi QRIS Kaltim tumbuh signifikan capai Rp1,68 triliun

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024