Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur Jaya Mualimin, bersama sejumlah anggota Komisi IX DPR RI, mengunjungi RS Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan sebagai rumah sakit berstandard rujukan nasional.
 
"Rumah sakit daerah itu dikenal sebagai pusat layanan kesehatan jantung terkemuka di Kalimantan Timur dan sukses menerapkan operasi jantung terbuka," ujar Jaya saat dihubungi di Samarinda, Sabtu.
 
Menyusul kesuksesan operasi jantung terbuka itu, RS Kanujoso Djatiwibowo diharapkan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, khususnya penanganan penyakit jantung.
 
RS Kanujoso Djatiwibowo, menurutnya, tidak hanya menjadi rumah sakit spesialis jantung, tetapi menjadi rumah sakit daerah andalan di Kalimantan Timur sebagai rujukan penyakit jantung di Indonesia Timur.
 
Jaya mengatakan kunjungan bersama Komisi IX DPR RI itu termasuk upaya pemerintah daerah guna meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan kepada masyarakat.
 
"Kami berkomitmen untuk terus mendukung RS Kanujoso Djatiwibowo agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan menjadi contoh bagi rumah sakit lain di Indonesia," ujar Jaya.

Baca juga: Pemprov Kaltim bangun gedung layanan jantung terpadu di RS Kanujoso
 
Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo, Edy Iskandar, menyampaikan kehadiran layanan baru di rumah sakti itu diharapkan mengurangi beban daftar tunggu pasien operasi jantung.
 
“Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, dan dengan layanan itu diharapkan waktu tunggu pasien dapat dipersingkat,” ujar Edy.
 
Layanan bedah jantung terbuka, menurutnya, merupakan peningkatan fasilitas kesehatan di Kaltim sekaligus memberikan akses yang lebih baik bagi pasien yang memerlukan tindakan medis khusus.
 
Pasien dari Balikpapan dan sekitarnya diharapkan tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan operasi yang sangat dibutuhkan dengan layanan itu.
 
Edy mengatakan RSUD Kanujoso Djatiwibowo terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memastikan bahwa setiap warga mendapatkan perawatan yang layak dan tepat waktu. 
 
Penyampaian layanan dan fasilitas di RSUD Kanujoso Djatiwibowo itu diharapkan memberikan gambaran langsung kepada Komisi IX DPR RI mengenai kemajuan dan tantangan yang dihadapi oleh pengurus RS untuk memberikan layanan kesehatan jantung yang berkualitas. (Adv/Dinkes Kaltim)

Baca juga: RSUD Kanujoso Balikpapan sedia layanan bedah jantung terbuka

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023