Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur Sapto Setyo Pramono mengatakan serapan anggaran untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kaltim masih rendah, yaitu di bawah 60 persen, termasuk untuk sektor industri, pangan, dan lain sebagainya.
 
"Saat rapat dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, kami minta pemaparan apa kendala anggaran kurang terserap," ujarnya di Samarinda, Jumat.
 
Selama ini, katanya, data UMKM harus sinkron dengan Dinas Sosial dan BPS. Artinya, jangan sampai alokasi kegiatan untuk pembinaan UMKM sebesar Rp12 miliar tidak tepat sasaran atau tidak terserap tepat sasaran.
 
Ia mengingatkan data UMKM harus dicek keberadaannya, apakah benar-benar ada atau tidak. 
 
 "Itu juga mesti terintegrasi dengan data Dinsos, harus dicek seperti apa, benar atau tidaknya keberadaan usaha itu. Hal itu yang harus diverifikasi," katanya.
 
Sapto yang merupakan legislator daerah pemilihan Samarinda itu mengungkapkan bahwa Disperindagkop Kaltim belum menyampaikan secara utuh rencana kerja mereka untuk tahun 2024. 
 
Ia mengetahui salah satu program yang akan dilakukan adalah membangun food station dan melakukan digitalisasi UMKM seluruh Kaltim.
 
"Namun, yang perlu disadari adalah mengupayakan optimalisasi nilai tambah hasil bahan baku lokan oleh UMKM, bagaimana mereka mendesain dari hulu ke hilir untuk 2025 agar ada modernisasi pangan menjadi produk kemasan," tuturnya.
 
Menurut politisi Partai Golkar itu, serapan anggaran UMKM masih terbilang jauh dari target. Ia berharap ada penjelasan dari Disperindagkop Kaltim terkait kendala yang dihadapi.
 
"Masalahnya di mana, SDM atau apa? Ini harus dicari masalahnya,"  katanya.
 
Sapto menyarankan kepada Disperindagkop Kaltim agar memaksimalkan program supaya penyerapan anggarannya terserap untuk peningkatan kapasitas UMKM bisa dimulai dari pelatihan, pengelolaan usaha, pengemasan, digitalisasi, hingga pemasaran.
 
Menurutnya pelatihan itu penting, apalagi para UMKM yang bisa bertahan lama mengalami resesi selama pandemi COVID-19.
 
"Keberadaan UMKM amat vital agar Indonesia tidak mengalami inflasi  Jika UMKM mandek dampaknya negara mengalami kemerosotan ekonomi," tutur Sapto. (Adv/DPRD Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023