Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Raup Muin, memberikan bantuan makanan sehat sebagai upaya mencegah kekerdilan anak (stunting) akibat kurang asupan gizi di daerah itu.
 
Bantuan diberikan, jelas Raup Muin, di Penajam, Sabtu. bertujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi anak agar terhindar dari stunting.
 
Bantuan yang diberikan langsung oleh politisi Partai Gerindra tersebut diharapkan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik.
 
Dia memastikan akan terus memperhatikan penderita stunting dengan memberikan bantuan lanjutan, sehingga gizi anak-anak dapat terpenuhi.
 
Paket bantuan tambahan gizi dan uang tunai diberikan Raup Muin kepada anak stunting di RT 010 dan RT 015 Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Pencegahan kekerdilan anak tugas bersama dan kampanye percepatan penurunan stunting harus dilakukan lintas sektor," ujar dia.
 
Penurunan kasus kekerdilan anak penting dilakukan sedini mungkin, lanjut dia, untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan.
 
Stunting disebabkan pola asuh saat anak masih dalam kandungan, orang tua harus memiliki pemahaman pola hidup sehat agar memenuhi nutrisi anak sejak dalam kandungan secara memadai.
 
Raup Muin mengimbau keluarga memenuhi kebutuhan gizi dan kualitas makanan bagi anggota keluarganya dapat terpenuhi dengan baik.
 
Orang tua harus diberikan pemahaman pola hidup sehat dan memenuhi nutrisi empat sehat, lima sempurna agar anak dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang memadai.
 
Pemerintah kabupaten dan lintas sektor, kata Raup Muin, harus menggencarkan sosialisasi menyangkut pemahaman pola hidup sehat agar memenuhi kebutuhan gizi dan kualitas makanan dengan baik.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023