Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur  Muhammad Samsun menyebutkan PT PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik mulai beralih ke pembangkit listrik menggunakan energi terbaharukan seperti  tenaga air dan tenaga surya.

Hal itu disampaikan Samsun  usai  menerima kunjungan General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kaltim, Josua Simanungkalit beserta jajaran, di Ruang Rapat Pimpinan,  DPRD Kaltim, Senin.

"Hal ini sejalan dengan langkah Pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang," jelasnya.

Ia mengatakan, pada kesempatan itu juga dibahas masalah ketersedian listrik di daerah pedalaman, daerah tertinggal dan daerah terluar, yang belum mendapatkan listrik,  sehingga diharapkan PLN memiliki terobosan atau program yang berfokus ke daerah-daerah tersebut.

Samsun menjelaskan, kedatangan Jajaran petinggi PLN Kaltim  tersebut  selain bersilaturahmi juga mengundang pimpinan DPRD Kaltim, untuk datang pada peresmian  proyek Smelter Nikel  PT Kalimantan Ferro Industry (KFI) di Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara (Kukar) Kamis (19/1).

Lanjutnya, berdasarkan keterangan  bahwa  PT PLN (Persero) berhasil melaksanakan pengisian tegangan pertama (energize) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV, yang menghubungkan Bukuan–PT Kalimantan Ferro Industry (KFI).

Energize  tersebut  untuk mendukung pertumbuhan industri nikel di Kalimantan, bahkan PLN berhasil menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 1 tahun dengan 87,93 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Pembangunan ini sebagai bentuk pesan dan kepastian investasi. Memberikan kepercayaan pada investor baik dalam dan luar negeri dengan terpenuhinya pasokan listrik oleh PLN,” katanya.

Samsun menambahkan, pada pertemuan itu juga disampaikan bahwa  PLN  sedang  membenahi jaringan penyambungan listrik di IKN.  Jaringan listrik PLN  tersebut  terkoneksi  antar provinsi yakni  Kaltim, Kalsel, Kalteng dan Kaltara.

“Jadi pasokan listrik di Kaltim di suplay dari provinsi lainnya di Kalimantan, sehingga kita bisa merasakan tidak ada lagi pemadaman bergilir, kecuali memang ada terjadi gangguan," katanya.(Fan/ADV/DPRD Kaltim)

Pewarta: Rahmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023