Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau melakukan langkah antisipasi jika terjadi gangguan pasokan air bersih, akibat pemadaman arus listrik pada saat pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi  (Porprov) VII.

“Demi memaksimalkan pelayanan dalam kondisi apapun, Perumda Air Minum Batiwakkal telah menyiapkan beberapa unit  generator set (genset) untuk beberapa pompa air,” kata Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Batiwakkal Saipul Rahman, di Tanjung Redeb.

Ia mengatakan, antisipasi berupa  menyiapkan genset  bukan hanya di Intake Pengolahan Air (IPA) 1 Raja Alam tetapi juga di IPA Singkuang termasuk di Teluk Bayur.

 Persiapan mesin genset itu dilakukan apabila terjadi pemadaman listrik PLN di salah satu jalur IPA Perumda, maka segera dioperasikan mesin genset, sehingga pendistribusian  air bersih  kepada  pelanggan tidak terganggu.

“Pada saat pelaksanaan  Porprov VII  mulai tanggal 26 November  sampai 7 Desember 2022, para tamu, atlet, panitia dan masyarakat lainnya tetap mendapatkan suplai air bersih lancar seperti biasa,” katanya.

Menurutnya, selama Porprov  berlangsung difokuskan  pada daerah perkotaan, sebab cabang olahraga yang dipertandingkan mayoritas di daerah perkotaan.

Perumda sudah menghitung perkiraan suplai air yang diperlukan saat Porprov  diperkirakan mencapai 1 juta liter. Perkiraan itu sudah diperhitungkan dari jumlah tamu yang berkunjung ke Kabupaten Berau  selama kegiatan berlangsung.

“Perlu perhatian khusus pendistribusian untuk  hotel-hotel dan penginapan serta lokasi Cabor pertandingan. Berdasarkan perhitungan kami satu orang pemakaian air bersih antara 60-100 liter per hari,” katanya.

Saipul  menuturkan, kendala lain yang juga mungkin bisa saja terjadi, tapi hal itu berusaha disikapi cepat agar tidak sampai mengganggu suplai air bersih ke pelanggan, maka Perumda juga  berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR)  terkait  pekerjaan penggalian yang saat ini sedang berjalan.

“Apabila sewaktu waktu terjadi kebocoran maka bisa cepat teratasi, bahkan kami juga siagakan truk tangki guna menjawab kebutuhan air bersih apabila kondisi darurat,” ujar Saipul Rahman.

Pewarta: Indra

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022