Kideco Gelar Semarak Pekan Ramadhan 1438 H

id kideco, pekan ramadhan, suriyanto, manager CSR, kideco jaya
Kideco Gelar Semarak Pekan Ramadhan 1438 H
Manager CSR Kideco Jaya Agung, Suriyanto (paling kanan) bersama para pemenang lomba di ajang Pekan Ramadhan 1438 H. (ANTARA Kaltim/HO/Humas Kideco)
Tana Paser (ANTARA Kaltim) - PT Kideco Jaya Agung mengadakan kegiatan Semarak Pekan Ramadhan 1438 H yang diikuti 30 sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs dari empat kecamatan di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Menurut Manager CSR Kideco Jaya Agung, Suriyanto di Tanah Grogot, Senin, kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan selama dua pekan di bulan ramadhan ini diisi 10 jenis lomba yang diikuti sebanyak 352 peserta.

"Kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan sejak enam tahun terakhir ini benar-benar diisi oleh berbagai kegiatan yang bersifat ukhrowi dan melatih diri agar lebih baik lagi berlandaskan iman dan taqwa," kata Suriyanto.

Untuk tahun ini, Pekan Ramadhan yang digelar pada 21 Mei - 4 Juni 2017 mengambil tema "Jadikan Diri Sebagai Generasi Muda Yang Islami Dengan Bekal Iman, Taqwa dan Prestasi".

Adapun jenis lombanya antara lain Tilawah Al-Quran, Tartil Al-Quran, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia, nasyid accapela, habsy, adzan, busana muslim, dan cerdas cermat agama Islam.

Lomba Semarak Pekan Ramadhan kali ini bertepatan dengan ujian akhir kenaikan kelas, sehingga konsentrasi siswa dan guru pendamping terbagi.

Namun, kata Suriyanto, hal ini tidak mengurangi animo peserta yang ikut, walaupun ada sedikit penurunan dari jumlah peserta dibanding tahun 2016.

"Secara kuantitas peserta memang menurun, namun dari segi kualitas banyak wajah-wajah baru yang berhasil meraih keberhasilan dan menjadi pemenang di masing masing cabang yang dilombakan. Ini menjadi sesuatu yang menggembirakan buat kami selaku pemrakarsa kegiatan ini," ucapnya.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Pekan Ramadhan ini adalah untuk mengukur daya tahan aktivitas ukhrawi remaja yang selama ini dikenal sebagai golongan yang energik dan penuh semangat.

"Remaja selalu dikenal energik, tahan banting, serta mempunyai banyak waktu luang untuk beraktivitas. Nah, bagaimana jika daya tahan itu kita uji dibulan ramadhan? Dengan berbagai kegiatan positif tentunya, karena kita tahu begitu banyak waktu yang dihabiskan oleh remaja sebagai generasi muda dengan kegiatan yang banyak unsur duniawinya. Oleh karena itu, ada baiknya kita implementasikan dengan kegiatan yang bersifat ukhrawi," katanya.

Masa muda adalah masa pencarian identitas, dimana ingin menunjukkan siapa mereka menjadi hal penting dalam dunia remaja. Seringkali masa muda ini banyak terbuang dengan sia-sia jika tidak dilalui dengan nilai moral, akhlak dan agama.

Sebagai agama yang paripurna, lanjut Suriyanto, Islam sangat perhatian dengan pembangunan generasi muda yang berkualitas dan berprestasi yang memiliki pemikiran prima berlandaskan iman dan taqwa.

Islam telah menempatkan orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan pada derajat yang lebih tinggi, hal ini sebagaimana yang termaktub dalam Firman Allah dalam Al-Qur’an:
 
"...Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.." (Q.S Al-Mujadilah : 11)

Mewakili Manajemen Kideco, Suriyanto juga menyampaikan ucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan ini dari awal hingga akhir khususnya kepada panitia penyelenggara, tim juri, peserta lomba, orang tua, guru pendamping dan masyarakat luas pada umunya yang telah dengan sepenuh hati meluangkan waktu untuk ambil bagian mensukseskan kegiatan semarak pekan ramadhan.

"Karena kami sadar tanpa partisipasi dari berbagai pihak acara ini tidak akan berjalan dengan sukses dan lancar sebagaimana harapan kita," tutupnya.
 
Harapan Suriyanto, kegiatan ini bisa menjadi wadah dan tempat bagi anak-anak serta generasi muda kita untuk memanfaatkan waktu dan peluang di usia yang masih muda untuk terus menerus belajar dalam ilmu-ilmu agama, dan ini merupakan bekal mereka dalam melakasanakan kegiatan Ukhrowi sehingga kelak akan lahir dan terwujud generasi emas pada masanya yang berlandaskan Iman dan Taqwa.
 
Berikut nama peserta yang juara dalam Pekan Ramadhan diantaranya   Mayang Aulia Rahma, Juara 1 Pidato Bahasa Inggris tingkat SMP/MTS, Yasmin, Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Agama  tingkat SMP/MTS, Fitria, Juara 1 Lomba Busana Muslim tingkat SD/MI dan Group Nasyid Accapela ”MAF” juara 1 Lomba Nasyid Accapela tingkat SMA/MA. (adv/*)

Editor: Didik Kusbiantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0099 seconds memory usage: 0.37 MB