Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menjalin kerjasama dengan Kodim 0906/Tenggarong dalam mewujudkan ketahanan pangan sebagai persiapan menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.


Plt Bupati Kukar Chairil Anwar mengatakan Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling telah mempresentasikan pengembangan potensi pertanian dan ketahanan pangan  di wilayah Tenggarong Seberang dengan lahan seluas 460 
hektar.

"Saya mengapresiasi presentasi pengembangan potensi pertanian dan ketahanan pangan di Tenggarong Seberang oleh Dandim 0906/Tgr, Letkol Inf Charles Alling dan dengan luasan wilayah pertanian di Kukar tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan di daerah lain," kata Plt Bupati Kukar Chairil Anwar di Tenggarong, Rabu (4/11).

Menurut Chairil Anwar program ketahanan pangan telah menjadi isu sentral dalam kerangka pembangunan nasional.  

"Pangan merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia, sehingga pangan sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Khususnya, untuk menyongsong Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur," jelasnya.

Menurut Chairil, penguatan ketahanan pangan di Kukar harus terus dipertahankan sebagai salah satu daerah penyanggah IKN yang baru di Kaltim.

“Artinya, apa yang dipresentasikan Dandim 0906/Tgr turut memperkuat ketahanan pangan Kukar. Tentunya ini harus disinergikan dengan semua stakeholder yang ada, sehingga apa yang diharapkan kedepannya benar-benar dapat direalisasikan dengan baik,” ujarnya.

Bahkan dalam pertemuan itu, Chairil Anwar meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar terus melakukan komunikasi sinergitas dengan Dandim 0906/Tgr dalam memperkuat ketahanan pangan.

“Saya minta OPD teknis terkait agar melakukan sinergitas dengan jajaran Dandim 0906/Tgr. Dandim 0906/Tgr siap mensupport pengembangan dan ketahanan pangan Kukar,” katanya.

Tidak hanya itu, tambah Chairil, desa-desa yang terdapat di kecamatan sebagai penyanggah IKN yang nantinya diprioritaskan dalam memenuhi kebutuhan pangan, agar terus dikembangkan di wilayah masing-masing.

“Saya juga meminta agar peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat, dapat diarahkan dalam pengembangan potensi pertanian, seperti di Kecamatan Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, dan kecamatan lainnya,” pungkas Chairil Anwar.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020