Anggota DPRD Kaltim Reza Fachlevi mendorong adanya pemberian stimulus bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kaltim, yang harus terhenti akibat pandemi virus Corona (Covid-19) ini.


Dalam hal ini, Pemerintah harus menyiapkan upaya pendataan yang matang agar stimulus berjalan baik, serta dapat mengarah langsung kepada UMKM yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Reza berharap pemberian stimulus tersebut bisa dipriorotaaka kepada UMKM, khususnya sektor hiburan seperti pariwisata, perhotelan, restoran, dan event organizer.

"Oleh karena itu kami meminta dan mendorong pemerintah menyiapkan strategi atau kontingensi plan dalam kondisi yang paling pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, termasuk setelah pandemi covid-19 ini dalam kerangka recovery ekonomi,” jelas Politikus Gerindra ini.

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

Reza ini juga menyampaikan bahwa selain usaha, sudah sangat banyak masyarakat juga terdampak akibat tidak berjalannya industri saat ini sehingga banyak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan perusahaan.

Menurutnya masyarakat yang terkena PHK ini jangan sampai lepas dari tanggung jawab pemerintah, sehingga harus didata secara menyeluruh hingga ketika pandemi selesai, investor kemudian masuk dan data tersebut bisa digunakan untuk prioritas.

"Artinya, mana yang akan digunakan untuk merelaksasi atau mendata saudara-saudara kita yang terkena PHK tersebut untuk dimanfaatkan sesudah pandemi,” pungkas Anggota Komisi II DPRD Kaltim ini.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020