Para atlet Kodam VI Mulawarman saat disambut Panglima Mayjen TNI Subiyanto di Balikpapan, Selasa 14/8. istimewa (istimewa)

Balikpapan (Antaranews Kaltim) - Kontingen Kodam VI Mulawarman mencatat prestasi mengejutkan pada ajang Pekan Olahraga Angkatan Darat (PORAD) VIII di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, 21-30 Juli 2018 dengan menempati peringkat ketiga.

"Padahal biasanya paling bagus di urutan ke-15 dari 18 kontingen," kata Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto di Balikpapan, Selasa.

Itu adalah posisi Kontingen Kodam VI Tanjungpura, nama lama kesatuan ini, dalam PORAD VII di tahun 2011.

"Prestasi yang luar biasa dari kamu semua," sambung Panglima.

Kontingen yang beranggotakan 119 prajurit sebagai atlet dan ofisial itu pun diganjar uang pembinaan Rp100 juta dari panitia PORAD.

Kontingen Kodam VI Mulawarman meraih 6 emas, 5 perak, dan 6 perunggu. Kontingen juara umum pada PORAD 2018 adalah Kostrad, hanya lebih baik 2 medali, yaitu meraih 8 emas, 7 perak, dan 7 perunggu dan mendapat hadiah uang pembinaan Rp300 juta, sementara peringkat kedua ditempati kontingen Kodam IV Diponegoro meraih 7 emas, 2 perak, dan 3 perunggu dengan uang pembinaan Rp200 juta.

PORAD VIII diikuti 18 kontingen, yaitu 15 Komando Daerah Militer (Kodam) dan unsur kekuatan lain seperti Kostrad dan Kopassus. PORAD kali ini mempertandingkan cabang olahraga atletik, renang, bola voli, tenis lapangan, sepakbola, karate, dan tinju.

Menurut Mayjen Subiyanto, prestasi yang melejit ini karena ada perubahan dari cara latihan para prajuritnya. Kodam mendatangkan pelatih nasional dan melahap menu latihan atlet profesional.

"Seluruhnya kita pacu untuk berlatih dan dilatih oleh pelatih nasional," katanya.

Selain di PORAD, para prajurit Kodam VI Mulawarman juga berprestasi pada lomba menembak Piala KSAD 2018, yakni menempati urutan keempat dari 19 kontingen dengan perolehan 3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

"Prestasi ini untuk kebanggaan kesatuan dan pribadi, jadi motivasi dan penyemangat dalam berlatih dan lebih meningkatkan lagi prestasi. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018