Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,  menyerahkan penghargaan kepada sejumlah guru berperstasi di daerah itu pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016, Senin.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga memberikan penghargaan kepada sekolah berprestasi sebagai penyelenggara ujian nasional berbasis komputer di Kalimantan Timur.

"Saya apresiasi den berterima kasih kepada seluruh insan pendidikan atas pengabdian, kerja keras dan dedikasinya dalam membangun dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar saat saat memimpin upacara Hardiknas.

"Penghargaan itu diberikan agar dapat memotivasi para guru dan kepala sekolah supaya semakin meningkatkan prestasi," katanya.

Kemudian para guru dan kepala sekolah lainnya juga dapat termotivasi dan dapat mengikuti jejak rekannya dalam mendedikasikan dirinya, demi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Hari Pendidikan Nasional diperingati sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam sambutan tertulis yang dibacakan bupati.

Menurut Mendikbud, Presiden Joko Widodo menggariskan, bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global, jika tinggi kualitas pendidikan manusianya.

"Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara hidup, cara kerja dan cara belajar," katanya.

Namun, lanjut dia, saat ini yang harus dipastikan adalah memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anak untuk menyiapkan diri meraih kesempatan ke depan.

Bentuk dukungan tersebut memastikan apa yang dipelajari anak-anak merupakan kebutuhan untuk menjawab tantangan ke depan.

Keterampilan yang dibutuhkan anak-anak pada abad 21 tambah Yusran Aspar, mencakup tiga komponen yakni, kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

Selain Yusran Aspar, juga hadir pada upacara Hardiknas tersebut, Wakil Bupati Mustaqim MZ, Ketua DPRD Nanang Ali, Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, serta pejabat di lingkungan pemerintah setempat. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016