Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur, pada musim lebaran 1436 H/2015 Masehi mampu mengangkut sebanyak 12.160 penumpang per sekali berangkat, sehingga pemudik tidak perlu cemas jika kehabisan tiket.

"Warga Kaltim yang ingin mudik lebaran tidak perlu khawatir jika kehabisan tiket pesawat atau harga tiket pesawat mahal, karena masih ada kapal penumpang yang siap melayani mudik ke semua daerah di Indonesia," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Zairin Zain di Samarinda, Rabu.

Zairin didampingi Kabid Perhubungan Laut Hafidz Lahiya melanjutkan, jumlah penumpang yang bisa ditampung sekali berangkat sebanyak itu, akan dilayani oleh 16 armada kapal baik milik PT Pelni, PT ASDP, maupun kapal milik perusahaan swasta.

Sejumlah kapal tersebut telah memiliki jadwal masing-masing untuk bersandar di Pelabuhan Semayang, yakni ada yang seminggu sekali dan ada yang seminggu dua kali.

Sementara itu, pihak pelabuhan juga diminta membentuk Posko Angkutan Lebaran paling tidak pada H-15 hingga H+ 15 Idul Fitri. Posko perlu dibentuk untuk memaksimalkan pelayanan dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan 12.160 penumpang yang mampu diangkut itu adalah, melalui kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terdapat tiga armada yang disiapkan, yakni Kapal Motor (KM) Dorolondo berkapasitas 2.130 penumpang dengan rute Balikpapan, Surabaya, Pulau Loan, Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari, Nabire, Serui, Biak, dan Jaya Pura.

Kemudian KM Bukit Siguntang dengan kapasitas 2.003 penumpang tiap berangkat dengan rute Balikpapan, Tarakan, Nunukan, Pare-Pare, Makassar, Bau-Bau, Kupang, Laweleba, dan Maumere.

Ketiga adalah KM Umsini berkapasitas 1.771 penumpang dengan rute Balikpapan, Pare-Pare, Surabaya, Tarakan, Nunukan, Makassar.

Sementara kapal milik PT ASDP hanya ada satu armada, yakni KMP Madani yang berkapasitas hanya 249 penumpang dengan satu rute Balikpapan - Palu pulang pergi.

Untuk kapal milik perusahaan swasta di antaranya KM Madani Nusantara berkapasitas 650 penumpang dengan rute Balikpapan, Pare-Pare, Makassar. KM Santika Nusantara dengan rute Balikpapan - Surabaya berkapasitas 400 penumpang.

KMP Satria Pratama berkapasitas 238 penumpang tujuan Balikpapan - Mamuju. KM Kirana berkapasitas 831 penumpang tujuan Balikpapan, Pare-Pare, Makassar. KM Dharma Kencana berkapasitas 638 penumpang tujuan Balikpapan - Surabaya, dan KM Wihan Sejahtera berkapasitas 511 penumpang dengan rute Balikpapan - Surabaya. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015