Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, menawari Pemkab Kutai Timur, untuk melakukan kerja sama pengembangan sektor pertanian di salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

"Pinrang merupakan salah satu sentra penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan dan hingga kini daerah kami telah menjalin kerja sama bidang pertanian dengan 17 provinsi," kata Kepala Dinas Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pinrang Andi Noni Haris Pais saat melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Kutai Timur di Sangatta, Senin.

Kedatangan rombongan Pemkab Pinrang ke Kutai Timur selama dua hari sebenarnya untuk menghadiri acara Organisasi Kerukunan Keluarga Pinrang, namun kesempatan itu sekaligus dimanfaatkan untuk memenuhi undangan bertemu dengan jajaran pejabat Pemkab Kutai Timur.

Selain provinsi di Pulau Jawa, lanjut Haris, Pemkab Pinrang juga banyak menjalin kerja sama pengembangan sektor pertanian dengan daerah di wilayah Indonesia timur.

"Kami mewakili Pemkab Pinrang menawarkan hal yang sama kepada Pemkab Kutai Timur, mudah-mudahan tawaran ini bisa ditindaklanjuti demi peningkatkan sektor pertanian di daerah ini," ujarnya.

Selain beras, tambah Haris, Kabupaten Pinrang juga memiliki potensi pertanian lain yang cukup baik, seperti peternakan (telur) dan tambak ikan. Produksi beras dari Pinrang juga sudah masuk ke wilayah Kaltim.

Menanggapi tawaran itu, Asisten Kesejahteraan Setkab Kutai Timur Mugeni menyambut baik tawaran kerja sama tersebut, terutama dalam peningkatan produksi beras dan ikan yang potensinya cukup besar.

"Ini tawaran bagus dan bisa secepatnya ditindaklanjuti dalam rangka saling memperkuat ekonomi kedua daerah," kata Mugeni.

Ia menambahkan tawaran itu segera disampaikan Bupati Kutai Timur Isran Noor, sehingga ke depan bisa dilakukan pembahasan lebih intensif mengenai detail kerja sama itu.(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015