Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendarat di Bandar Udara Very -Very Important Person (VVIP) Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Kamis (12/9) sore, guna mengikuti Presiden Joko Widodo berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Pantauan ANTARA, Wapres Ma'ruf Amin keluar dari terminal VVIP bandara tersebut dan masuk mobil hitam bernomor polisi "Indonesia 2" sekira pukul 17.32 wita.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo tiba lebih dahulu di Bandara Sepinggan Balikpapan sekira pukul 10.30 wita pada Kamis.
 
Presiden disambut oleh Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo , Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, dan sejumlah jajaran lain pemerintahan.
 
Dari Bandara Balikpapan, Presiden Jokowi langsung menuju Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Baca juga: Istana sikapi dugaan pemukulan saat kunker Presiden di Samarinda
 
"Hari ini, Presiden Jokowi akan kembali berkantor di IKN. Presiden menghadiri pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulis.
 
Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.
 
"Pengarahan ini melibatkan pimpinan Polri, mulai dari Kapolri, Kapolda, Kapolrestabes, Kapolresta hingga para Kapolres se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara. Sedangkan dari TNI akan melibatkan Panglima TNI, Pangdam dan Dandim seluruh Indonesia," Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yuliyanto,

Presiden, lanjutnya, juga menyampaikan pandangan strategis terkait keamanan dan stabilitas negara, sekaligus memberikan arahan khusus kepada institusi Polri dan TNI dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang, terutama di wilayah-wilayah strategis seperti IKN yang menjadi proyek besar pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga: Soal Reshuffle saat kerja di IKN, Presiden hanya tersenyum

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024