Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Kalimantan Timur Heny Purwaningsih menegaskan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) telah menginspirasi dorongan kuat bagi UMKM lokal untuk meningkatkan daya saingnya.

"Hadirnya Kaltim sebagai IKN harus dijadikan momen berharga bagi UMKM kita untuk terus berkompetisi dengan lebih baik. Potensi besar yang dimiliki harus dimanfaatkan secara maksimal," ujar Heny pada seminar "Membudayakan Cinta Produk Dalam Negeri" yang digelar di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan prestasi Kaltim sebagai provinsi dengan belanja UMKM koperasi terbesar kedua di Indonesia menunjukkan komitmen kuat pemerintah dan masyarakat dalam mendukung pengembangan UMKM lokal.

"Dorongan untuk membeli produk dari UMKM lokal tidak hanya untuk mendukung ekonomi daerah, tetapi juga untuk memastikan kualitas produk kita dapat bersaing di pasar nasional," tambahnya.

Selain itu, Heny juga mengajak sektor perhotelan dan restoran di Kaltim untuk lebih aktif menggunakan produk-produk UMKM lokal.

"Ini saatnya bagi hotel dan restoran di Kaltim untuk lebih banyak menggunakan produk lokal, sehingga manfaat pembangunan IKN dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, terutama pelaku UMKM," tegasnya.

Ia berharap melalui kegiatan seminar ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendukung produk lokal dan memperkuat kolaborasi antara pemerintah daerah, pelaku UMKM, dan sektor swasta.

" Kolaborasi dukungan tersebut sangat dibutuhkan oleh UMKM Kaltim agar mereka bis maju dan berkembang usahanya sehingga bisa membawa dampak signifikan bagi perekonomian daerah dan nasional," jelasnya.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024