Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengelola air bersih Program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) secara optimal karena potensinya yang besar untuk kebutuhan masyarakat.
 
"Di Kukar (Kutai Kartanegara) telah ada tiga lokasi air bersih yang dibangun dari Program TMAB, sehingga hal ini menjadi peluang besar bagi BUMDes untuk menambah unit usaha dari air bersih," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara Ahyani Fadianur Diani di Tenggarong, Minggu.
 
Pemkab Kukar mendorong BUMDes mengelola unit usaha air bersih, sedangkan secara teknis tentang perizinan dan hal lain, bisa didampingi organisasi perangkat daerah (OPD) teknis dan Perumda Tirta Mahakam.
 
Ia menjelaskan BUMDes akan memperoleh dampak positif jika mengambil kesempatan usaha ini, seperti masyarakat, akan terbantu dalam pelayanan air bersih yang langsung putar keran di rumah penduduk.

Selain itu, mendapat keuntungan dari jasa layanan air dan warga yang masih menganggur bisa terserap sebagai tenaga kerja.
 
Sebanyak tiga sarana air bersih Program TMAB itu, tersebar di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu (kolaborasi dengan PT MHU), Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat, dan Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai yang diresmikan, Sabtu (1/6).
 
Ahyani Fadianur mengatakan Pemkab Kutai Kartanegara membangun komunikasi, baik dengan TNI-AD tingkat pusat hingga desa, sehingga banyak dukungan TNI AD untuk pembangunan di daerah tersebut.
 
"Hasil pembangunan yang telah dirasakan masyarakat berkat kerja sama dengan TNI-AD, antara lain pembangunan pertanian dalam arti luas melalui Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), termasuk Karya Bhakti TNI yang melakukan perbaikan jalan usaha tani, pemanfaatan lahan, pembangunan jembatan, gorong-gorong dan lain-lain," katanya.
 
Selain itu, katanya, jasa TNI-AD dalam upaya penanggulangan kemiskinan, yakni rehab rumah tidak layak huni, termasuk penyediaan air bersih melalui Program TMAB di desa-desa yang masih kesulitan air bersih.
 
"Mewakili Bupati Kukar, mewakili masyarakat Kukar, dan secara pribadi, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan TNI-AD selama ini. Semoga kolaborasi ini ke depan dapat terus terpelihara dengan baik dan ditingkatkan," ujarnya.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024