Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan 126 kegiatan operasi pasar atau pasar murah di sepuluh kabupaten dan kota seluruh Kaltim dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan pasar murah Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah menjaga kestabilan harga, kita lakukan operasi pasar dan pasar murah secara masif di kabupaten/kota. Terdekat, akan kita lakukan pada empat titik di Kabupaten Paser, “ ujar Kepala DP2KUKM Heni Purwaningsih di Samarinda, Jumat.

Heni mengungkapkan sejumlah bahan makanan pokok seperti beras, gula, telur, tepung dan minyak goreng tersedia dalam kios pasar murah tersebut dengan label harga lebih rendah dari harga pasar.

Dalam waktu dekat, pihaknya telah menjadwalkan kegiatan pasar murah di wilayah Kabupaten Paser, dengan mengambil lokasi di empat titik yakni di Tanah Grogot, Batu Sopang, Longkali dan Kuaro

"Kegiatan pasar murah ini bekerja sama dengan Pemkab Paser dan dilaksanakan pada 27-28 Maret 2024," jelasnya.

Tidak menutup kemungkinan kegiatan pasar murah ini akan bertambah titik dan lokasinya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat.

"Kami siap memfasilitasi jika ada instansi yang meminta digelar pasar murah di kantor-kantor mereka," ujarnya.

Menurut Heni kegiatan pasar murah ini merupakan sinergi lintas sektor bersama Satgas Pangan, Bulog, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota.

Pasar murah akan dilakukan secara simultan bersama stakeholder terkait demi menekan angka inflasi daerah dan menciptakan keterjangkauan harga di pasaran.

“Kegiatan ini menjadi strategi dalam menjaga stabilitas harga pokok di lapangan. Selain keterjangkauan harga, kita juga menjamin kelancaran distribusi, ketersediaan pasokan, serta menjalin koordinasi dengan lintas sektor,” cakap Heni.*

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024