Anggota DPRD Kalimantan Timur Sutomo Jabir mengatakan dirinya akan mengawal realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan 2023 di wilayah Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kabupaten Berau yang merupakan asal daerah pemilihannya (Dapil). 
 
"Saya mengawal realisasi anggaran untuk program-program yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dan infrastruktur di tiga daerah tersebut. Misalnya, penanggulangan banjir di Bontang. Apa saja yang bisa dibantu dari pemerintah provinsi," kata Sutomo Jabir di Samarinda, Jumat.
 
Legislator daerah pemilihan Bontang, Kutim dan Berau itu juga menyoroti beberapa program yang menjadi prioritas, seperti drainase, penyediaan air bersih dan pengolahan limbah.
 
Ia menjelaskan penanggulangan banjir di Kota Bontang melibatkan pembangunan bendungan di Sungai Suka Rahmat yang sudah dimulai sejak tahun ini. Namun, proyek tersebut masih terkendala oleh izin kawasan hutan dan studi kelayakan.
 
"Air di Bontang itu kiriman dari Kutai Timur. Makanya kita sudah beberapa tahun terakhir  sebenarnya memperjuangkan izinnya. Mudah-mudahan tahun 2024 sudah mulai pekerjaannya. Bendungan itu untuk menampung air kiriman dan mengatur debit air agar tidak meluap ke Kota Bontang," paparnya.
 
Selain itu, politisi PKB tersebut juga berharap agar sungai-sungai yang masuk ke dalam kota dapat dibersihkan dan diperdalam. 
 
Ia mencontohkan ada sebuah danau buatan yang dibuat oleh PT Badak NGL yang bisa dimanfaatkan untuk menampung air hujan.
 
"Sementara di provinsi sendiri masih mengupayakan deforestasi lahan. Nah kita dorong juga supaya itu cepat teratasi, karena kalau tidak, banjir akan semakin parah," tuturnya.
 
Sutomo Jabir juga meminta progres terkait pemanfaatan kolam bekas tambang untuk mengaliri air ke Kota Bontang maupun ke Kutai Timur, khususnya  di Kecamatan Teluk Pandan. 
 
Menurutnya proyek tersebut sudah masuk dalam anggaran tahun depan untuk membuat pipa-pipa distribusi air bersih.
 
Lanjutnya, ada juga kolam bekas tambang kerja sama dengan perusahaan tambang setempat menyiapkan intake-nya. Pemprov Kaltim yang menyediakan pipa distribusi sampai ke Bontang dan kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur. Namun tahun 2024 baru bisa dituntaskan.
 
Ia menjelaskan, bahwa air dari kolam bekas tambang tersebut sudah diuji dan memiliki pH yang bagus, sehingga  air itu bisa diolah dan aman dikonsumsi masyarakat.
 
Sutomo Jabir mengemukakan bahwa ia akan terus mengawasi pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang ada di Kutai Timur. Diharapkan IPAL tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tidak mencemari lingkungan.
 
"Untuk di Kutai Timur dan Berau tentu masih banyak persoalan lain yang harus diselesaikan, termasuk jembatan dan jalan provinsi. Tapi saya optimis dengan kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, maka kita bisa membangun daerah ini menjadi lebih baik," ujar Sutomo Jabir. (Adv/DPRD kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023