Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur terus berupaya meningkatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama, baik berupa rumah sakit maupun puskesmas, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin di Samarinda, Rabu, mengatakan, saat ini terdapat 188 puskesmas yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kaltim, yang sudah mengcover wilayah yang belum memiliki rumah sakit.
 
"Kami juga menerima pengajuan dari masyarakat untuk mendekatkan layanan kesehatan, seperti pembangunan rumah sakit di Kecamatan Kongbeng, Kutai Timur. Kami sudah berkoordinasi dengan DPRD dan rencananya akan dibangun pada tahun 2025," katanya di Samarinda, Rabu.
 
Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan peningkatan fasilitas kesehatan di beberapa rumah sakit, seperti Rumah Sakit Atma Husada, gedung perawatan Pandurata, dan Rumah Sakit Pelayanan Jantung Terpadu Kanujoso.
 
"Beberapa rumah sakit atau puskesmas ini saya kira sesuai dengan kebutuhan di masyarakat," kata Jaya.
 
Ia menyebutkan  tahun ini ada rumah sakit umum daerah yang dibangun di Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di Kecamatan Muara Badak.
 
Hal itu katanya untuk memudahkan masyarakat Muara Badak dan sekitarnya mendapatkan layanan kesehatan, karena kalau berobat ke Samarinda cukup jauh.
 
"Semoga dengan adanya peningkatan fasilitas kesehatan tingkat pertama ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau," harap Jaya.(Adv)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023