Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), memberikan pendampingan kepada desa melalui Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) agar mampu beradaptasi dengan pemakaian sistem digital.
 
"Kami berupaya melakukan pendampingan terhadap Desa Mandiri agar layak dengan status Desa Mandiri," kata Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Pang Irawan, di Penajam, Kamis.
 
Ia mengatakan Desa Mandiri harus dapat meningkatkan pelayanan berbasis digital, agar mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.
 
DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya agar Desa Mandiri menjadi desa percontohan dalam pengertian pelayanan masyarakat dan transaksi keuangan berbasis digital.
 
"Pengelolaan pemerintahan dan keuangan, termasuk transaksi ekonomi, Desa Mandiri harus berbasis teknologi digital," ujarnya.
 
Desa Mandiri yang bisa beradaptasi dengan sistem digital, lanjutnya, bakal mampu lebih menggerakkan pertumbuhan ekonomi desa ke tingkat yang lebih baik, sehingga 
mampu memanfaatkan konektivitas digital untuk membuka akses informasi, pendidikan, hingga peluang bisnis untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat perdesaan.
 
Penggunaan Dana Desa dibarengi dengan formula dan strategi yang terukur, menurut dia, dapat terealisasi tepat sasaran dan kemampuan pembangunan desa bisa signifikan.
 
Salah satu alat ukur dalam kesuksesan pembangunan desa adalah Indeks Desa Membangun (IDM). Sebanyak 18 dari 30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara masuk kategori Desa Mandiri berdasarkan IDM tersebut
 
Desa dengan status Mandiri, antara lain Desa Girimukti, Sidorejo, Giripurwa, Sesulu, Bangun Mulya, Babulu Darat, Gunung Makmur, Rintik, Gunung Mulya. Labangka Barat, Tengin Baru, Bukit Raya, Sukaraja, Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Binuang, dan Desa Telemow.
 
Pemerintah desa, terutama Desa Mandiri, kata dia, harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kualitas hidup warga desa. (Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023