PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melanjutkan komitmennya dalam membantu masyarakat dengan menyerahkan bantuan sarana Sistem Penghasil Oksigen (PSA Oxygen Generating System) dan fasilitas pendukungnya di Rumah Sakit Medika Utama Manggar, Balikpapan. 

"Bantuan senilai Rp5,2 miliar itu bertujuan membantu penyediaan oksigen medis di berbagai ruangan rumah sakit tersebut, seperti ICU, IGD, dan ruang operasi," ujar SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono di Balikpapan, Jumat.

Bantuan sarana mesin penghasil oksigen itu, lanjut Teguh, merupakan bagian dari program PKT Proaktif yang diluncurkan Pupuk Kaltim pada 2020.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan PSA Oxygen Generating System dan meminta doa agar bisnis perusahaan terus berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat," katanya.

Baca juga: Pupuk Kaltim bantu program air bersih di wilayah IKN

Selain di Balikpapan, Pupuk Kaltim juga membantu memenuhi kebutuhan oksigen medis di beberapa fasilitas kesehatan di Bontang, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Utara. Teguh berharap bantuan sarana itu bermanfaat dan meningkatkan pelayanan kesehatan.
 
"Pupuk Kaltim berkomitmen secara aktif dalam pembangunan masyarakat berkelanjutan. Bantuan itu merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan," ujar Teguh.
 
Sementara, Direktur Rumah Sakit Medika Utama Manggar Muhammad Abduh mengapresiasi dukungan yang diberikan Pupuk Kaltim.
 
Abduh menambahkan perkembangan pesat PKT Group itu tidak lepas dari dukungan PT Pupuk Kaltim, yang telah mendukung berdirinya rumah sakit itu sejak awal. 
 
Pupuk Kaltim bantu sarana PSA Oxygen Generating System dan fasilitas pendukung kepada RS Medika Utama Manggar, Balikpapan. (Antaranews Kaltim/HO/PKT)

"Kami berharap PT Pupuk Kaltim dapat meningkatkan kapasitas dan pelayanan rumah sakit dengan bantuan dan dukungannya terhadap oksigen generator sistem dan sarana lainnya. Semoga bantuan itu memberikan manfaat dan nilai tambah bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan," kata Abduh..
 
Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Erica Handritha menyatakan Rumah Sakit Medika Utama Manggar telah memberikan bantuan yang sangat berarti bagi masyarakat, terutama bagi warga di Kecamatan Balikpapan Timur, yang memiliki akses terbatas ke rumah sakit. 
 
"Semoga bantuan akan membantu rumah sakit untuk terus menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat dan memberikan manfaat yang besar, terutama bagi warga di Kecamatan Balikpapan Timur," ujar Erica.

Baca juga: Pupuk Kaltim gandeng TNK dan Yayasan Benih Baik tanam 500 ribu mangrove

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023