Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rima Hartati Ferdian mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim untuk menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara.
 
"Dari hasil simulasi, terlihat kesiapan KPU untuk menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut," ujar Rima usai menghadiri acara Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Serentak 2024, di Kantor KPU Kutai Kartanegara Tenggarong, Sabtu.
 
Rima mengatakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara itu berjalan lancar. Dia juga mengharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 tidak ada kendala dan hambatan yang ada bisa diatasi sesegera mungkin.

Baca juga: KPU RI gelar simulasi pemilu di Kutai Kartanegara
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
 
"KPU Kukar menjadi daerah terakhir yang menyelenggarakan simulasi nasional setelah Tangerang Selatan, Bogor, dan Palembang. Simulasi itu bertujuan agar proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 berlangsung efektif," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU RI Idham Holik di halaman Kantor KPU Kutai Kartanegara.
 
Idham menjelaskan simulasi pemungutan dan penghitungan suara sebagai bagian dari upaya penyederhanaan desain surat suara dan formulir pemilih dengan menggunakan model baru yang akan digunakan pada Pemilu 2024.
 
Simulasi dihadiri Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kaltim Brigadir Jenderal Polisi Mujiyono, Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah dan jajaran forkopimda, Bawaslu RI dan Kaltim, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, Ketua KPU Kutai Kartanegara Purnomo, serta perwakilan parpol se-Kaltim.

Baca juga: Jumlah Bacaleg di KPU Samarinda menyusut saat perbaikan berkas

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023