Rombongan jemaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, pada 27 Juli dan 3 Agustus 2023.

Jemaah haji itu berjumlah 140 orang, kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara Nasruddin di Penajam, Senin. Mereka terbagi dalam kelompok terbang 20 sebanyak 123 orang dan kelompok terbang 21 sebanyak 17 orang.
 
Panitia haji kabupaten Penajam Paser Utara sedang melakukan persiapan penjemputan kepulangan jemaah yang sudah menyelesaikan rangkaian ibadah haji tersebut.

Baca juga: Jemaah haji perlu banyak istirahat sebelum kembali ke Indonesia
 
Penyambutan atau penerimaan kedatangan jemaah haji bakal dipusatkan di Masjid Agung Al Ikhlas, Kelurahan Nipah-nipah, Kabupaten Penajam Paser Utara, sebelum pulang ke rumah masing-masing.
 
"Jemaah haji kelompok terbang 20 tiba di Balikpapan pada 27 Juli 2023. Kelompok terbang 21 tiba di Balikpapan 3 Agustus 2023," katanya.
 
Setelah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, jemaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara langsung diantarkan ke Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan, untuk pemeriksaan dan pengambilan barang.
 
Di Asrama Haji Batakan, menurut Nasruddin, jemaah haji juga akan diperiksa kondisi kesehatan sebelum berangkat ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca juga: Viral jemaah haji Makassar tampilkan perhiasan emas, Bea Cukai bergerak
 
"Keluarga jemaah haji hanya boleh menjemput setelah tiba di Masjid Agung Al Ikhlas," katanya.
 
Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat menyangkut persiapan penyambutan jemaah haji tersebut.
 
Untuk pengamanan dan pengawalan kedatangan jemaah haji, panitia berkoordinasi dengan kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
 
Nasruddin menambahkan semua jemaah haji Penajam masih berada di Mekkah, Arab Saudi, dalam keadaan sehat kendati cuaca panas terus menaungi rangkaian ibadah haji.

Baca juga: Kloter 1 jemaah haji Balikpapan tiba di Kota Minyak

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023