Kloter 1 jemaah haji asal Balikpapan tiba kembali di Kota Minyak pada Sabtu (8/7) dini hari.

Sebagian dari mereka langsung melakukan sujud syukur begitu turun dari pesawat Garuda Indonesia di Bandara Sepinggan, Balikpapan.

”Alhamdulillah, tiba kembali dengan selamat, dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga,” kata Asringah, jemaah berusia 88 tahun dari Balikpapan Barat.

Pesawat dengan nomor penerbangan 4201 itu membawa 298 jemaah haji yang diberangkatkan dari Jeddah, Arab Saudi, menuju Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, baru kemudian ke Balikpapan.

Pesawat mendarat mendarat di Sepinggan pukul 02.10 Waktu Indonesia Tengah. Dari 298 jemaah haji dalam kloter 1 itu, lima diantaranya merupakan petugas haji.

Baca juga: 10 jamaah haji dari embarkasi Balikpapan meninggal dunia

”Waktu berangkat, Kloter 1 ini 299 orang, satu meninggal di Tanah Suci,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Ahmad Rijani yang juga bagian dari rombongan.

Sementara saat perjalanan pulang ke Tanah Air, terdapat lima orang yang sakit karena kelelahan.

”Mereka sakit terutama karena faktor usia. Sakitnya antara lain sakit jantung, sesak napas. Kebanyakan jemaah kita memang sudah berusia lanjut,“ kata Rijani.

Di Terminal Kedatangan Bandara Sepinggan, seluruh jemaah diantar dengan bus ke Asrama Haji Batakan. Di sana, mereka mengambil bagasi dan dijemput keluarga.

Baca juga: Arab Saudi-Indonesia bentuk tim investigasi layanan mashariq

Jamaah dari Kloter 1 Balikpapan dengan kursi roda diantar petugas ke Terminal Kedatangan Bandara Sepingan, Sabtu 8/7/2023. (ANTARA/HO-AP 1 Sepinggan)

Sesuai jadwal, Kloter 2 Embarkasi Balikpapan dijadwalkan tiba pada Minggu (9/7) di Bandara Sepinggan dengan pesawat Garuda Indonesia 4202, sekira pukul 11.15 Wita.

Embarkasi Batakan Balikpapan memberangkatkan 6.120 orang ke Tanah Suci pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Jumlah tersebut terdiri dari jemaah dan petugas berasal dari Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Jemaah dibagi lagi ke dalam 20 kelompok terbang atau kloter.

Kloter 1 meninggalkan Tanah Air dari Bandara Sepinggan pada 26 Mei 2023.

“Saya ucapkan selamat datang kembali ke Tanah Air. Semoga menjadi haji yang mabrur dan dapat segera bertemu kembali dengan keluarga dalam keadaan sehat wal afiat,” demikian disampaikan General Manager Bandara Sepinggan Ahmad Syaugi Wahab.

Baca juga: Kuota haji Indonesia pada 2024 capai 221 ribu orang

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023