Legislator Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun menyosialisasikan wawasan kebangsaan kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara,  yang diikuti  sebanyak perwakilan dari 12 kelurahan dan dua desa.
 
"Hari ini kami melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada anggota Linmas se- Kecamatan Tenggarong, yang dihadiri oleh masing-masing lima perwakilan dari 12 kelurahan dan dua desa," kata Samsun di Tenggarong, Sabtu.
 
Pada kesempatan itu, ia mengatakan tantangan yang dihadapi dalam menjaga kesatuan bangsa dan keutuhan Negara Indonesia yang harus diwaspadai  adalah pudarnya rasa nasionalisme terhadap bangsa. Oleh karena itu, ideologi negara, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan kebhinekaan menjaga kedaulatan bangsa harus betul-betul dijaga.
 
"Hal yang mesti diwaspadai juga adalah adanya degradasi wawasaan kebangsaan terhadap rakyat, maka dari itu penting untuk memberikan pemahaman kepada para Linmas sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat," papar Samsun.
 
Dikatakannya, Linmas berperan aktif dalam melayani masyarakat di desa dan juga kelurahan. Mereka sebagai ujung tombak menjaga NKRI  dan menjaga martabat Indonesia sebagai negara yang kuat.

Ia menjelaskan, pengamalan terhadap butir-butir Pancasila itu penting dalam penerapan di masyarakat sehari- hari. Salah satunya sila kedua  yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab.
 
"Pada butir sila kedua ini adalah perwujudan nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, manusia merupakan makhluk yang berbudaya, bermoral, dan beragama," katanya.
 
Sementara itu, Camat Tenggarong Sukono mengapresiasi kepada  Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun  bersedia memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan pada Linmas di kecamatan yang dipimpinnya.
 
"Kami dari Pemerintah Kecamatan Tenggarong berterima kasih pada Samsun yang telah melaksanakan sosialisasi kebangsaan kepada Linmas, diharapkan hal ini benar-benar bermanfaat," tutur Sukono.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut berharga karena selama ini anggota Linmas kurang dalam memahami ideologi bangsa, UUD 1945, dan Pancasila.(Fan/ADV/DPRD Kaltim).
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023