Sangatta (ANTARA Kaltim) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kutai Timur akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas tingkat Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, 21-23 Oktober 2013.

Menurut Plt Baznas Kabupaten Kutai Timur H Andi Rahman, Minggu, Rapat koordinasi Baznas tingkat Provinsi Kaltim di Kutai Timur akan diikuti sebanyak 145 peserta dari 14 kabupaten/kota, dan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Kutai Timur H Isran Noor, pada Senin (21/10) di Hotel Grand Victorya Sangatta.

Acara tersebut juga akan dihadiri Baznas Provinsi Kalimantan Timur dan juga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Kutai Timur dan para Camat, para UPT Pendidikan, serta perwakilan KUA.

Sedangkan narasumber hadir dari Baznas Pusat Jakarta terdiri dari Direktur Zakat Kementerian Agaram RI Dr Hamka MM, Kasubdin dan Pengawasan Zakat Pusat Dr Fuad Nazar MSc, Direktur Pelaksana Baznas RI Pepen Kustiawan.

Didampingi Koordinator Harian Bazkab Rezky Akbar Prianto dan Muhammad Sidik, Plt Andi Rahman berharap agar rakorda Bazda yang dilaksanakan tahun ini berhasil mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi yang benar-benar bermanfaat untuk umat manusia, terutama program-program yang menyentuh langsung kepada masyarakat miskin.

"Jadi rakorda ini bukan saja tempat berkumpul dan menyampaikan hasil kerja, tapi bagaiman kedepan Baznas ini lebih berperan di tengah-tengah umat," kata Andi Rahman menjelaskan.

Bagi Baznas Kutai Timur, katanya, Rakorda ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan dan lebih meningkatkan kinerja dalam membangun kerja sama dan koordinasi antara pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di 18 kecamatan.

Ditambahkan Andi Rahman, dalam pelaksanaan rakorda nanti, juga akan diadakan Pelatihan Zakat Cummunity Develompemnt (Z-CD) yang merupakan program Baznas Pusat dan bekerja sama dengan Baznas Provinsi Kalimantan Timur selama dua hari, 21-22 Oktober 2013.

"Untuk pelatihan Z-CD ini hanya diikuti 6 daerah yakni Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, Samarinda, Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU)," ujarnya.

Terkait persiapan untuk Rakorda Baznas ini, kata dia, sudah 100 persen siap dan pihaknya siap untuk menyambut para peserta dan narasumber termasuk juga tempat pelaksanaannnya.   (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013