PT Aneka Tambang (Antam) Tbk mencatat penjualan emas digital mengalami pertumbuhan sekitar 40 persen lebih, karena sekarang era digital  sehingga terus menanjak.

“Pertumbuhan itu kemungkinan besar disebabkan generasi yang lahir di tahun 1980-1990an, atau sekarang berusia antara 30-40 tahun, sudah mulai berpikir untuk investasi yang aman untuk masa tua kelak,” kata Sales Senior Manager Antam Yudi Hermansyah pada pembukaan gerai Butik Emas Logam Mulia (BELM) di Balikpapan Super Block (BSB), Selasa.  

Ia mengatakan, generasi  sekarang remajanya  sudah terpapar internet dan dunia digital dan mengalami banyak kemudahan dengan fasilitas, sehingga mencari pola investasi yang aman, stabil, dan mudah dipahami dari dunia digital.

“Hal itu terjawab  dengan investasi  emas digital.  Artinya beli emas, tapi tidak harus menyimpan emasnya dalam bentuk fisik, tapi bila diperlukan bisa cepat dicairkan seperti emas fisik, dengan harga yang stabil, bahkan selalu naik dari tahun ke tahun,” jelas Yudi .

Lanjutnya, pertumbuhan penjualan kedua terbesar adalah emas batangan yang mencapai 30 persen.

Meski demikian,  penjualan terbesar Antam masih emas perhiasan, mesti pertumbuhannya hanya 2 persen dibanding penjualan tahun lalu. Menurut catatan BELM  adalah tempat Antam menjual emas produksinya, dari Balikpapan saja, terjual 260 kg emas per tahun.

“September ini sudah terjual 230 kg,” kata Kepala Cabang BELM Balikpapan Setyo Ardy Putro pada kesempatan yang sama. Dengan tahun 2022 masih 3 bulan lagi, Setyo optimistis penjualan bisa mencapai hingga 300 kg.

Menurutnya, sebagian besar transaksi emas di BELM Balikpapan adalah transaksi retail, yang rata-rata 90 transaksi per hari. Juga dilayani transaksi pembelian online atau daring.

BELM di BSB sendiri adalah pindahan dari Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Permai. Di gerai baru dihadirkan desain interior BELM yang minimalis, namun tetap dalam warna hitam dan pencahayaan yang dirancang rapi.

“Ini upaya kami memberi pelayanan lebih optimal,” kata Setyo Ardy.

Dia menambahkan, masih dalam rangka pindahan ini juga, BELM Balikpapan menawarkan emas dengan harga pabrik sebesar Rp942 ribu per gram sampai tanggal 24 September mendatang, baik beli langsung ataupun melalui laman logammulia.com.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022