PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menyalurkan beasiswa putra putri TNI/Polri tahun 2021 senilai Rp25 Juta, bagi 5 penerima tingkat perguruan tinggi di Kaltim. Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh VP CSR PKT Anggono Wijaya, di Hotel Grand Equator, pada Rabu (22/12).


Diungkapkan Anggono, beasiswa ini merupakan program Kementerian BUMN bersinergi dengan TNI/Polri, sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan putra putri anggota TNI dan Polri di Indonesia.

PKT sebagai anak usaha Pupuk Indonesia, diberikan amanah Kementerian BUMN sebagai salah satu penanggungjawab program di Bumi Etam.

“Masing-masing penerima beasiswa mendapatkan bantuan pendidikan senilai Rp5 Juta, untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup (Living Cost),” kata Anggono.

Beasiswa diberikan khusus bagi anak anggota TNI dan Polri di Indonesia yang sedang menempuh perkuliahan, dengan proses seleksi dilakukan langsung oleh Pupuk Indonesia sebagai induk usaha PKT.

Para penerima merupakan putra-putri kandung anggota TNI dan Polri aktif, dengan pangkat orangtua maksimal perwira pertama atau setingkat. Penerima beasiswa adalah mahasiswa Perguruan Tinggi di tingkat Diploma 3 dan Strata-I, minimal sedang menempuh semester 3 dengan IPK 3,00.

“Tahun 2020 PKT juga menyalurkan beasiswa serupa bagi 10 penerima di Kaltim, sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap tanggungjawab bela negara oleh anggota TNI dan Polri, sekaligus upaya meningkatkan SDM yang unggul melalui pendidikan,” tambah Anggono.

Selain itu, PKT juga menyalurkan beasiswa kategori umum bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang dan Kaltim, melalui program PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) yang telah berjalan selama 13 tahun.

Program ini sebagai wujud kontribusi PKT dalam mendukung peningkatan SDM, dengan memberikan pendidikan lebih layak bagi anak. Saat ini total penerima manfaat ada 188 orang untuk tingkat perguruan tinggi dan 126 anak tingkat SD hingga SMA.

Program PKTPP menanggung seluruh kebutuhan pendidikan, mulai dari biaya tes masuk, biaya pendidikan penuh, akomodasi, uang saku dan pemondokan untuk mahasiswa, hingga biaya buku dan sebagainya.

Bahkan PKT juga memberikan bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir, agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

Beasiswa disasar mulai tingkat SD, agar ada kesinambungan proses di setiap jenjang pendidikan, sehingga ke depan mampu berkontribusi bagi daerah melalui keterampilan yang dimiliki serta berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Beasiswa PKTPP merupakan bagian dari komitmen PKT agar siswa-siswi berprestasi mendapat kesempatan belajar lebih tinggi, sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas,” terang Anggono.

Farras Abida Lestari, mewakili penerima beasiswa putra putri TNI/Polri menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian PKT bersama Pupuk Indonesia dan Kementerian BUMN, karena beasiswa ini membantunya memenuhi kebutuhan pendidikan dan biaya perkuliahan.

Farras saat ini menempuh perkuliahan semester 3, jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Mulawarman Samarinda. Dia merupakan putri Serka Purnomo dari Kodim 0908/Bontang, yang bertugas sebagai Babinsa di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PKT, karena beasiswa ini sangat membantu untuk biaya semester dan kebutuhan selama perkuliahan,” ucap Farras.

Serka Purnomo selaku orangtua, menilai beasiswa ini sangat bermanfaat dalam mendukung pendidikan putrinya untuk lebih berprestasi di jenjang perkuliahan.

Dirinya berharap program beasiswa ini dapat berkesinambungan, agar putra putri TNI dan Polri lainnya turut mendapat kesempatan serupa, sebagai motivasi dan semangat untuk lulus dengan nilai terbaik.

“Semoga program ini berjalan berkesinambungan, sehingga putra putri TNI dan Polri lainnya di Kaltim turut mendapatkan beasiswa serupa,” ujar Purnomo. (*/rez)

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021