Jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau (BLT DD) tahun 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebanyak 3.464 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah saat ditemui di Penajam, Kamis, memastikan jumlah penerima BLT DD 2021 sama dengan tahun 2020.

BLT Dana Desa adalah bantuan uang kepada keluarga miskin di desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19.

Validasi data penerima bantuan langsung tunai bersumber dari dana desa yang tersebar di 30 desa untuk tahun ini (2021) telah rampung.

"Setelah dilakukan validasi jumlah KPM yang menerima BLT DD 2021 masih sama dengan tahun lalu, yakni sebanyak 3.464 KPM," ujar Nurbayah.

"Masing-masing keluarga penerima manfaat akan menerima bantuan uang tunai senilai Rp300 ribu per bulan selama 2021," tambahnya.

Validasi data penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut sesuai arahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengantisipasi penerima ganda.

Penyaluran BLT DD untuk Januari dan Februari menurut Nurbayah, kemungkinan bakal diakumulasikan atau dirapel pada Maret.

Pelaksanaan penyaluran BLT DD tersebut lanjutnya, setelah peraturan bupati menyangkut pelaksanaan dana desa yang bersumber dari APBD dan APBN 2021 disahkan.

Penyaluran bantuan dana desa kapada keluarga penerima manfaat yang tersebar di 30 desa tersebut dilaksanakan sampai akhir tahun.

"Bagi warga yang sudah menerima bantuan sosial UKM (usaha kecil menengah) atau lainnya tidak boleh atau dilarang menerima BLT DD," tegas Nurbayah.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021