Bulan Februari yang menjadi bulan peringatan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dijadikan Pertamina sebagai momen untuk kembali menguatkan untuk bekerja secara sehat dan selamat.
 

“Sebab kami bekerja di lingkungan berisiko tinggi. Lingkungan kilang itu rentan sekali terjadi bencana kalau semua aturan keselamatan dan kesehatan tidak dipatuhi,” kata General Manager (GM) Pertamina RU V Eko Sunarno, Rabu, dalam kesempatan acara penutupan peringatan bulan K3 di Kilang RU V di Jalan Yos Sudarso.

Sebab itu, Sunarno menjelaskan bahwa menjalankan K3 akan menguntungkan diri pekerja sendiri dan perusahaan. Pekerja sehat dan bisa bekerja maksimal dan perusahaan tidak kehilangan waktu kerja sehingga efektif dan efisien.

Pertamina RU V Balikpapan sendiri tahun ini memiliki beberapa target untuk mewujudkan pencapaian K3 yaitu tidak ada kecelakaan hingga mengakibatkan korban nyawa (zero fatality), sehat dan mampu untuk bekerja (fit to work), lolos Proper Hijau, dan audit supreme.  

"Setiap orang harus bekerja dalam kondisi sehat dan kita harus senantiasa menjalankan protokol kesehatan secara tegas dan konsisten. Semoga bulan K3 kali ini bisa memacu semangat kita dalam mencapai target-target di tahun 2021,” kata Sunarno.

Di masa wabah COVID-19 saat ini, GM juga mengingatkan agar pekerja mulai level terdepan hingga manajemen patuh pada protokol kesehatan agar operasi perusahaan berlangsung lancar.

Sementara itu Humas Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa dalam rangkaian kegiatan Bulan K3 tahun ini, Pertamina RU V Balikpapan juga menyelenggarakan berbagai kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan.

“Kami bagi-bagi masker, bantuan perlengkapan pencegahan COVID-19  kepada 12 kelurahan sekitar kilang, serta berbagai lomba. "Kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan kembali bahwa pandemi belum berakhir dan kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Selain kegiatan tersebut, dia juga menyampaikan bahwa pekerja Pertamina RU V memenangi lomba video pekerja sehat yang digelar Kementerian Tenaga Kerja.

"Video Pekerja Muda Pertamina RU V berhasil meraih terbaik pertama,” kata Peranginangin.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021