Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Jawad Sirajuddin meminta kepada pemerintah setempat untuk membuat program pelatihan antisipasi dan mengatasi kebakaran di lingkungan masyarakat.
 

Menurut Jawad sasaran program pelatihan adalah masyarakat di seluruh kelurahan wilayah kecamatan di kabupaten/kota Kaltim, pelatihan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mensosialisasikan bahaya kebakaran kepada masyarakat.  

"Bencana kebakaran sedang menghantui warga di perkotaan maupun di pedesaaan dimana terdapat banyak kelurahan rawan kebakaran," jelasnya.

Jawad menambahkan pada umumnya kebakaran banyak terjadi di lingkungan padat penduduk, rumahnya berdempetan, akses jalan sempit, dan banyak instalasi listrik yang tidak sesuai aturan.

"Untuk itu masyarakat perlu diberikan pelatihan untuk mengantisipasi dan mengatasi jika terjadi kebakaran di sekitar pemukiman mereka,” beber Jawad.

Politikus PAN ini menyampaikan bahwa pentingnya pelatihan tersebut adalah untuk mengurangi risiko kebakaran. Sehingga jika masyarakat diberikan pelatihan atau pendidikan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dapat digunakan untuk mengurangi risiko kebakaran, baik kebakaran pemukiman maupun kebakaran hutan.

Selain itu pelatihan juga penting untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pencegahan dan penanggulangan musibah.

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

”Diharapkan, masyarakat lebih mewaspadai potensi kebakaran di sekitar tempat tinggalnya. Selain itu, mampu mengatasinya sendiri. Jadi dengan adanya pelatihan tersebut dapat menimbulkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi musibah,” harapnya.

Terkait pencegahan kebakaran, sambung dia, masyarakat saat ini memang perlu diberi pengertian mengenai tindakan darurat jika terjadi kebakaran dan tata cara penanggulangan kebakaran, serta pengenalan alat dan produk proteksi kebakaran.

Sebab hingga saat ini masyarakat awam belum pernah diberikan pelatihan atau diklat kebakaran oleh pemerintah.

”Selain itu kami juga berharap agar dinas terkait menyediakan mobil pemadam di kecamatan agar jika terjadi kebakaran di daerah sekitar dapat lebih cepat teratasi,” tandasnya.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020