Sri salah satu pelaku UMKM usaha produk lokal Teh Serai di kampung Jahab Kabupaten Kutai Kartanegara,membagikan takjil gratis kepada masyarakat ditengah pandemi COVID-19 guna meringankan beban sesama.


“Bukan seberapa banyak yang bisa kita beri, namun butuh keihklasan saat memberi. Peka terhadap lingkungan membuat kita lebih berarti dan bermanfaat bagi orang lain,” ujar Sri di Kmpung Jahab Kabupaten Kutai Kartanegara,Jumat (8/5)

Meskpun tidak dipungkiri bahwa pelaku UMKM  di Samarinda juga terdampak COVID-19 namun masih bisa berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan.
 
Ia mengatakan melihat kondisi saat ini di tuntut bijak menyikapi  dan tetap optimis bisa melewati pendemik Corona. Sebab tidak sedikit pelaku UKM mengalami keterpurukan, meskipun masih ada segelintir pelaku UKM yang masih bisa eksis mempertahankan produksinya dan menangkap peluang sesuai kebutuhan konsumen atau pasar.

Diakui Sri salah satu pelaku usaha yang mengalami penurunan drastis dengan minimnya permintaan konsumen atau daya serap pasar, adalah produk lokal Teh Serai yang dikembangkannya. Ditengah kondisi seperti saat ini produksinya menurun hingga 90 persen sehingga juga berdampak pada karyawannya serta petani binaan.

Sadar akan usahanya yang mengalami penurunan drastis, tidak membuat  dia patah semangat karena dia mengaggap hal tersebut tidak di alaminya sendiri. Untuk mempertahankan usahanya, dia  tetap melakukan aktifitas produksi walau seadanya. Kegiatan produksinya dilakukan sendiri bersama keluarga untuk memenuhi konsumen langganan atau sesuai permintaan pasar.

"Dibalik itu semua kita masih bersyukur, masih ada hasil usaha diharapkan dan rejeki yang bisa dinikmati. Rasa syukur itu pun diwujudkan dengan rasa peduli terhadap sekelilingnya yang kurang beruntung dibandingkan apa yang di nikmatnya. Terlebih lagi saat ini di bulan suci Ramadhan masih ada masyarakat  yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok,tuturnya.

Setiap sore warga sekitar kampung Jahab  dekat tempat tinggal Sri secara bergantian berdatangan mengambil takjil yang sudah disiapkan di depan kedai yang juga sebagai tempat penjualan produk Teh Serai dan produk UKM lainnya .

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020