Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim sedang mempersiapkan pelaksanaan rapat kerja (Raker) percepatan penyaluran dan pengelolaan Dana Desa tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada 25 Februari mendatang. 

"Sudah saya laporkan ke Pak Gubernur hasil rapat persiapan Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 yang dipimpin Sekjen, Dirjen Bina Pemerintahan Desa (BPD) dan Irjen Kemendagri, di Jakarta, pada kamis (13/2). Intinya diamanatkan melaksanakan Raker di setiap provinsi di seluruh Indonesia, kecuali Prov DKI Jakarta yang tidak memiliki desa,” kata Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi, Jumat (14/2).

Ia mengatakan Raker dilaksanakan diseluruh provinsi di Indonesia, pelaksanaan di Kaltim merupakan tahap III yang rencananya dilaksanakan, di Planery Hall Convention Hall Samarinda. Secara keseluruhan Raker dibagi 3 tahap. Tahap I, II dan III,  masing-masing tahapan dilaksanakan secara serentak di 11 provinsi.

Jika dibagi 11 provinsi per tahapannya, Raker di Kaltim setidaknya akan diikuti oleh 1.038 peserta. Unsur peserta terdiri atas Sekda, Kapolda, Kepala DPMPD, Kepala BPKAD, Irwilprov untuk tingkat provinsi. 

Kemudian ditambah Sekda, Kapolres,Kepala DPMD, Kepala BKAD, Irwilkab 7 kabupaten se Kaltim, serta 81 orang camat yang membawahi 841 desa dari 103 camat se Kaltim serta 81 pendamping desa sebagai unsur peserta kabupaten.

Menurut Jauhar jumlah tersebut belum termasuk undangan untuk Forkopimda, Ketua DPRD, dari Pusat dan Panitia. Perkiraan total peserta, undangan, dan panitia (termasuk petugas keamanan, pengaturan parkir dll) sekitar 1.200 orang.

Jauhar mengemukakan terkait perihal pemberitahuan instruksi pelaksanaan di setiap provinsi akan disampaikan melalui Surat Mendagri RI yang akan disampaikan sesegera mungkin. Pelaksanaannya berkolaborasi dukungan pendanaan Kemendagri dan Pemprov Kaltim.

"Sebagai langkah awal mengagendakan rapat internal lingkup DPMPD Kaltim membahas hal-hal yang perlu dipersiapkan dan mendapat perhatian serius. Kemudian akan dilanjutkan berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait lingkup Kaltim untuk minta dukungan penyiapan tempat lokasi acara," katanya.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020