Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menyerahkan beasiswa senilai Rp137 miliar dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2012 yang digelar di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/5).

"Beasiswa itu akan diserahkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak secara simbolis, penyerahannya direncanakan diwakili SMAN 1 Samarinda dan SMA Mitra PASIAD," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Timur (Kaltim) H Musyahrim di Samarinda, Senin.

Dia mengatakan, rincian beasiswa itu adalah, sebesar Rp100 miliar yang dikelola oleh Panitia Beasiswa Kaltim Cemerlang, kemudian sebesar Rp3 miliar yang pengelolaannya diserahkan kepada tiga kabupaten di kawasan perbatasan negara, yakni Malinau, Nunukan, dan Kutai Barat.

Sedangkan lainnya yang sebesar Rp35 miliar, merupakan beasiswa yang dikelola Dinas Pendidikan Kaltim, yakni untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi, seperti Universitas Mulawarman (Unmul), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda, dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Musyahrim yang didampingi Kabid Pembinaan SMP dan SMA Asli Nuryadin ini melanjutkan, rangkaian kegiatan lain dalam Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2012 adalah, penyerahan penghargaan kepada bupati, wali kota, dan camat dalam rangka lomba sekolah sehat Tingkat Kaltim.

Bupati dan wali kota yang akan menerima penghargaan dari gubernur adalah, Wali Kota Bontang, Camat Bontang Barat, Wali Kota Balikpapan, Camat Balikpapan Selatan, Bupati Bulungan, Camat Tanjung Palas, Wali Kota Samarinda, dan Camat Sungai Kunjuang.

Sedangkan sekolah yang akan menerima penghargaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Kaltim 2011, merupakan para juara mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Juara I tingkat TK adalah TK Yabis Bontang dengan nilai 91,10, Juara II dari TK Tunas Harapan 3 Balikpapan dengan nilai 90,90, dan Juara III dari TK Al-Azhar Sifa Budi Samarinda dengan nilai 89,35.

Juara pertama tingkat SD adalah dari SD KPS Balikpapan dengan nilai 92,95, Juara II dari SDN 031 Tanah Grogot, Paser dengan nilai 92,10, dan Juara III adalah SD YPVDP Bontang dengan Nilai 91,35.

Untuk tingkat SMP adalah, Juara pertama dari SMPN 3 Tanjung Palas, Bulungan dengan nilai 96,10, Juara II dari SMPN 10 Samarinda dengan nilai 95,50, dan Juara III adalah SMPN 3 Balikpapan dengan nilai 92,05.

Selanjutnya pemenang tingkat SMA adalah, Juara I dari SMAN 8 Samarinda dengan nilai 95,45, Juara II dari SMKN 1 Tarakan dengan nilai 95,85, dan Juara III dari SMAN 1 Long Ikis, Paser dengan nilai 91,85.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012