Tanjung Redeb (Antaranews Kaltim) - Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) berperan strategis dalam mewujudkan pembangunan kampung, karena memiliki tugas mirip dengan Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) bedanya hanya tidak memiliki fungsi penganggaran.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menjadi pembicara Bimtek Pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa Bagi Badan Permusyawaratan Kampung  di  Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Selasa.

"BPK atau di Desa disebut Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus kompak dan sepakat bekerjasama  dengan kepala desa/kampung bersama perangkat desa membangun daerahnya," katanya.

Menurutnya, berdasarkan evaluasi di lapangan peran BPK belum berjalan optimal, hal itu disebabkan beberapa faktor ,misalnya    karena anggota BPK mempunyai pekerjaan di luar tugas sebagai anggota BPK, dana operasional  tidak mencukupi, perangkat  BPK  belum profesional dalam melaksanakan fungsinya, serta kurangnya pemahaman pemerintah kampung dan masyarakat terhadap tugas BPK.

Jauhar menjelaskan  BPK sesuai pasal 55 UU No.6/2014 tentang desa memiliki fungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala Kampung, menampung dan menyepakati aspirasi masyarakat , dan yang terpenting BPK punya fungsi melakukan pengawasan kinerja Kepala Kampung.

Lanjut Jauhar jika dilihat  dari tugasnya cukup banyak, oleh karena itu setelah mengikuti  Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan manajemen pemerintahan desa  sejumlah badan permusyawaratan Kampung  dapat berperan aktif dan lebih maksimal. 

"Saya  yakin BPK maupun pemerintah kampung  dapat bekerja maksimal karena telah mengetahui apa yang menjadi tugas dan wewenang dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung,"ucap Jauhar.

Sementara Bimtek  diikuti  sebanyak 70 peserta perwakilan BPK dari  lima Kecamatan  di Kabupaten Berau  yakni Kecamatan Biatan, Talisayan, Batu Putih, Tabalar, dan Biduk-Biduk.

Pada kesempatan itu juga Jauhar menyerahkan piagam penghargaan Bupati Berau bagi BPK berprestasi se Kabupaten Berau.(*)

 

Pewarta: Arif

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018