Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim)  - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur mengapresiasi keberhasilan Kepolisian Resor Berau yang hanya dalam sepekan mampu mengungkap tiga target operasi yang ditentukan dalam kasus "illegal logging", "illegal fishing" dan "illegal oil".

Kapolres Berau AKBP Endro Prasetyo yang didampingi Kasatreskrim AKP Harun Purwoko di Tanjung Redeb, Berau, Rabu, menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, namun pada dasarnya keberhasilan itu tidak terlepas dari kerja sama dengan masyarakat yang mau berpartisipasi membantu tugas jajaran Polres Berau.

Kasatreskrim Polres Berau AKP Harun Purwoko mengatakan, dari tiga target operasi tersebut, semua sudah masuk penyidikan dan jika pemberkasan sudah dinyatakan lengkap segera dilimpah kan ke Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb.

Selain itu, Jajaran Polres juga berhasil mengungkap kasus?kasus lainnya, seperti narkoba, pembunuhan,  perampokan, pencurian, judi dan lain sebagainya.

"Jujur, kalau mengungkap semua kasus itu mengandalkan dana operasional atau sarana dan prasarana yang ada tidak cukup. Kecuali dengan inisitif kita sendiri, semua bisa jalan sesuai rencana," ungkap Harun.

Oleh sebab itu, katanya, dalam kondisi seperti ini Polres Berau tetap dituntut tetap profesional, terus berusaha meningkatkan kinerja tanpa ada desakan dari mana pun, sebagai mana yang diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2002 tentang kepolisian negara Republik Indonesia.

Karena itu, lanjut dia, dalam menangani suatu kasus dibutuhkan strategi khusus, agar kasus yang menjadi Pekerjaan Rumah tersebut dapat terungkap. Strategi yang diterapkan antara lain dengan pengawasan wilayah yang diserahkan kepada masing-masing anggota sebagaimana yang tertera dalam skema Kring Reskrim dan semua harus bertangung jawab jika terjadi sesuatu.

"Inilah sebagian strategi kita untuk memudahkan mengungkap dari kasus per kasus," katanya.

Oleh sebab itu, menurut dia, tidak berlebihan jika Tim Supervesi dari Polda Kaltim memberikan pengakuan keberhasilan kinerja Polres Berau dalam setiap menangani kasus.

Karena itu, tegasnya lagi, Polres Berau terus berupanya menjalin kemitraan dengan seluruh lapisan masyarakat. "Karena tanpa masyarakat, kami bukan apa-apa," ujarnya.(*)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011