Samarinda (ANTARA Kaltim) - Provinsi Kalimantan Timur berguru ke Provinsi Jawa Tengah terkait pengembangan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), karena Jateng dianggap maju dan berhasil dalam menjalankan berbagai kegiatan berbasis keluarga.

"Jateng merupakan provinsi yang bisa dikatakan sebagai `suhu` PKK karena keberhasilannya dalam memberdayakan keluarga dan para anggotanya," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Jauhar Efendi dihubungi dari Samarinda, Rabu.

Apalagi sejarah berdirinya PKK adalah diawali dari Jawa Tengah, sehingga berbagai pengalaman dan memberdayakan masyarakat tentu lebih unggul yang dibuktikan dengan tingkat kemajuan PKK di daerah itu.

Hal itu dikatakan Jauhar setelah menjadi pemateri pada lokakarya TP PKK Provinsi Kaltim di Hotel Grand Arkenso Semarang. Lokakarya ini sekaligus untuk menyerap berbagai informasi pengembangan PKK di Jateng.

Menurut Jauhar, pengalaman keberhasilan TP PKK Jateng akan menjadi informasi berharga untuk pemberdayaan sekaligus memajukan PKK bagi Kaltim.

Ia berharap PKK Jateng bisa menjadi mitra terbaik Kaltim dalam mewujudkan pembangunan daerah.

"Terdapat 10 program pokok PKK yang semuanya berkaitan dengan program kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD) Kaltim, sehingga melalui keberhasilan PKK diharapkan berdampak pada kemajuan pembangunan," ujarnya.

Ia berpesan antara kelompok kerja (pokja) satu dengan lainnya dalam PKK terus meningkatkan kerja sama guna mewujudkan kesejahteraan keluarga melalui sejumlah program yang digagas per pokja, yang kemudian menjadi satu kesepakatan organisasi.

Di sisi lain, TP PKK diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam menggali potensi dan kemungkinan peluang kerja sama dengan berbagai pihak, guna meningkatkan percepatan pencapaian kesejahteraan keluarga.

Lokakarya PKK yang diikuti 59 peserta ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan anggota sebagai penunjang peran PKK dalam mendukung program pembangunan di daerah.

Acara ini dihadiri Ketua TP PKK Kaltim Encek Amelia Suharni Faroek beserta pengurus PKK Kaltim, beberapa Ketua TP PKK kabupaten/kota, Kepala DPMPD kabupaten/kota, Sekretaris PKK Jateng Rina Tansil, dan Kepala Depemas Dukcapi Jateng Sudaryanto. (*)       

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017