Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Kodim 0904 Tanah Grogot menggelar bakti sosial (Baksos) TNI Manunggal Keluarga Berencana (KB) Kesehatan  (TMKK) di Desa Muara Adang Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser.

"Kegiatan Baksos KB kesehatan merupakan bagian dari program TNI mendukung program pemerintah  dalam bidang kependudukan," kata Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Arh Ardian Patria Chandra, di Tanah Grogot, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan TMKK merupakan komitmen dan dukungan TNI terhadap Program KB tidak diragukan lagi, karena prajurit TNI memberikan contoh memiliki dua anak sesuai anjuran pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN).

Selain itu  juga dukungan TNI  terhadap program KB   adalah menurunkan anggota Babinsa diwilayah  kerjanya  memberikan advokasi membantu mencari akseptor, seperti petugas lapangan KB.

Ia berharap warga di Kecamatan Long Ikis  hendaknya memanfaatkan kegiatan TMKK   hasil kerjasama antara TNI, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Puskesmas dan unsur Muspika.

“Kegiatan Bakti Sosial TMKK ini juga dilaksanakan  pelayanan KB gratis  serta pengobatan umum dengan jumlah pasien sekitar 101 orang,” katanya.

 Menurut Ardian jumlah warga yang dilayani  KB gratis  sebanyak 61 orang, terdiri dari 38 peserta KB Inflan, 18 orang peserta KB suntik, 5 orang peserta KB Pil, dan 1 orang peserta KB IUD.

Kegiatan Baksos TNI manunggal KB  Kesehatan sejalan dengan program pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang saat ini gencar meluncurkan Kampung KB di sejumlah kecamatan dan desa di setiap Provinsi.

"Tahun ini saja  di Kabupaten Paser telah diresmikan  sebanyak  10 Kampung KB yang tersebar di 10 kecamatan, sebagai percontohan program KB," ujar Ardian. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017