Kupang (ANTARA Kaltim) – Dari beberapa kategori lomba yang dilaksanakan BKKBN , Kota Samarinda berhasil keluar sebagai juara I  Pakarti Utama dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) kategori kota tingkat nasional.

“Pemberian  penghargaan dilakukan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional(Harganas) ke XXIII 2016  di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Sukaryo Teguh Santoso di Kupang, Jum’at (29/7).

Keberhasilan itu diraih Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda dan rencananya penghargaan akan diserahkan ibu negara, Iriana Joko Widodo  kepada  Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Samarinda, Puji Setyowati Jaang.

Ketua TP PKK Samarinda, Puji Setyowati  mengatakan  program Lingkungan Bersih dan Sehat  sejalan dengan program pemerintah kota Samarinda program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Menurutnya penilaian  lomba meliputi sepuluh indicator diantaranya  persalinan yang ditolong tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif untuk bayi, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, serta mencuci tangan secara sehat.

Selanjutnya  menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok di dalam rumah.

"Alhamdulillah, berkat kerja sama seluruh elemen masyarakat, akhirnya kita bisa meraih penghargaan ini sebagai pengakuan secara nasional. Dan ini merupakan hasil  kerja sama semua pihak,” katanya.

Dia berharap prilaku hidup bersih dan sehat yang diprogramkan tidak hanya sebatas  slogan semata, tetapi harus benar-benar diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan masyarakat sehat dan mandiri.

“Mudah-mudahan  prestasi yang telah diraih Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan ini bisa menjadi motivasi bagi warga lainnya di Samarinda," ujar  Puji Setyowati .(*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016