Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal menyampaikan bahwa peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW bukan sekadar ungkapan rasa syukur dan kegiatan rutin setiap tahun. Namun, peringatan ini penuh makna karena dalam peringatan ini akan terjalin hubungan silaturrahim yang semakin erat.

"Dengan hikmah Isra Mi’raj Rasulullah SAW, marilah kita tingkatkan dan terus gelorakan semangat membangun umat dan membangun Kaltim yang lebih baik, lebih maju dan sejahtera," kata Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal saat menghadiri peringatan Isra Mi'raj 1437 Hijriah di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda pada Kamis (13/5).

Menurutnya, peristiwa Isra Mi’raj memberikan pembelajaran kepada umat manusia untuk senantiasa menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, mengakui kebesaran Tuhan dan menghargai Muhammad sebagai Rasulullah yang dalam Isra Mi'raj itu petunjuk untuk menunaikan ibadah shalat.

"Kewajiban shalat lima waktu akan memberikan dampak psikologis kepada kita untuk senantiasa mengingat Allah SWT dan menjadi benteng diri dari berbuat keji dan munkar," katanya.

Lebih lanjut, Mukmin berpesan kepada para tokoh dan pemuka agama serta para alim ulama yang ada di seluruh Kaltim agar dapat menjadi pembimbing dan menjadi contoh yang dapat ditiru dengan baik oleh umat beragama di Kaltim.

"Perlu adanya upaya penyelamatan tunas muda bangsa, khususnya generasi muda umat Islam dengan memberikan pengajaran dan pemahaman tentang kewajiban menjalankan shalat lima waktu, membaca dan mengamalkan ajaran dan petunjuk dalam kitab suci Alquran sejak dini," katanya.

Dalam kesempatan peringatan Isra Mi'raj ini, Mukmin mengingatkan terkait datangnya bulan suci Ramadhan yang diharapkan dapat disambut dengan suka cita dan hati yang iklas selama melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.

"Sambutlah Ramadhan dengan suka cita dan dengan hati yang iklas dalam melaksanakan ibadah puasa. Sambutlah dengan mengagungkan dan syiar Islam serta senantiasa memelihara kesucian bulan suci Ramadhan," katanya.  (HUmas Prov Kaltim/rus)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016