Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meresmikan Bank DKI Cabang Balikpapan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 43 di Balikpapan.

"Pembukaan Bank DKI Cabang Balikpapan bukan untuk merebut nasabah, tapi untuk meningkatkan perekonomian di Balikpapan, sehingga banyak memerlukan bank," kata Basuki di Balikpapan, Jumat.

Basuki yang akrab disapa Ahok mengatakan pembukaan cabang Bank DKI di Balikpapan merupakan kota ketujuh di luar Jakarta. Cabang Bank DKI diantaranya berada di Solo, Palembang, Surabaya, dan Bandung.

"Balikpapan merupakan kota yang memilik potensi dan dibukanya cabang di sini sebagai misi promosi wiaata. Dengan adanya Bank DKI warga Balikpapan tidak usah lagi untuk beli tiket transjakarta atau bayar parkir," kata Ahok.

Saat ini hampi semua usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta sudah memiliki kartu Bank DKI untuk mengurangi penggunaan uang tunai di masyarakat, katanya.

"Selain itu, kita akan melakukan penyertaan modal ke beberapa bank pembangunan daerah lain, paling tidak 20 persen setelah kita mencapai buku tiga," kata Ahok.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menyambut baik pembukaan cabang Bank DKI di Balikpapan.

"Kita akan mengadopsi yang dilakukan Bank DKI terutama terkait dengan pemberian kartu untuk UMKM," kata Rizal.

Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono mengatakan pemilihan lokasi di Balikpapan didasari pertimbangan Kota Balikpapan dengan jumlah penduduk mencapai 800 ribu jiwa merupakan kota tersibuk sekaligus pintu gerbang Kalimantan Timur (Kaltim) dan berperan dalam perdagangan kawasan Indnesia Timur dan wilayah Pasifik.

"Kehadiran Bank DKI di Balikpapan merupakan kali pertama Bank DKI merambah Pulau Kalimantan. Bahkan kantor di Balikpapan ini sudah direncanakan dari setahun yang lalu," kata Eko.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015