Samarinda (ANTARA Kaltim) – Tim kesenian dari Negara India akan melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata ,Ekonomi Kratif ,Komunikasi dan Informatika (Disparekkom)  Kota Samarinda untuk  mempromosikan kesenian mereka di “Kota Tepian.”

“Kami ingin  memperkenalkan kesenian Negara kami  di  Provinsi Kalimantan Timur khususnya  kota Samarinda  guna lebih  mempererat hubungan bilateral antara  kedua Negara Indonesia dan India,” kata  Konsulat India, Amarjeet Singh Takhi  melalui penterjemahnya di Samarinda beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan selama ini India  lebih  dikenal dengan  produksi film Bollywod nya, namun negera India juga ingin memperkenalkan  beragam kesenian yang ada  untuk masyarakat  di Samarinda dengan melakukan kerjasama  melalui Disparekom Samarinda dan Universitas Mulawarman (Unmul).

Keinginan tersebut disambut  baik Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang saat rombongan konsulat India Amarjeet Singh Takhi melakukan audensi  dengan Wali Kota di  rumah jabatan  Jalan S.Parman.

“Dengan  adanya kerjasama dibidang budaya dan kesenian maka akan menambah khasanah budaya dan kesenian yang dapat ditampilkan setiap kegiatan  kesenian di Samarinda,” katanya.

Syaharie Jaang  mengungkapkan  bahwa konsulat India  juga  memberikan kesempatan  dan   beasiswa kepada mahasiswa  Kaltim khususnya  Samarinda  untuk melanjutkan studi   S2 dan  S3 di India.

Sementara itu Kepala Disparekkom Kota Samarinda, HM Faisal menyatakan dukungannya  terhadap  kerjasama tersebut bahkan akan membantu dan mempermudah berbagai kegiatan yang akan digelar di kota Samarinda.

 â€œApalagi bapak wali kota  sudah memberikan perintah  untuk memberikan dukungan, karena  misinya  sangat bagus  serta diharapkan nanti akan terjadi transformasi kesenian dan budaya  kedua daerah,” katanya.

HM Faisal menambahkan untuk informasi  mengenai  beasiswa  bagi  yang berminat  dapat menghubungi Kantor Konsulat India di Bali Jl. Raya Puputan 163, Renon, Denpasar, atau melalui email:cg.bali@mea.gov.in, Hp: 08113867270,  Kantor: (0631) 259500/259501.(*)



Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014