Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kalimantan Timur, bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkolaborasi mengentaskan kemiskinan dengan berbagai cara, untuk mengurangi jumlah warga prasejahtera.

"Kolaborasi yang dilakukan dalam pengentasan kemiskinan ini seperti kerja sama dengan melakukan pelatihan kecakapan hidup (life skill) untuk meminimalisir atau agar tidak ada lagi warga yang menjadi pengangguran," kata Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto di Tenggarong, Minggu.

Pelatihan kecakapan hidup itu terdiri dari berbagai jenis yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan pasar kerja, sehingga selain untuk memenuhi pasar kerja di sejumlah perusahaan juga untuk mencetak calon peserta pelatihan menjadi wirausaha.

Berbagai pelatihan kecakapan hidup tersebut sedang disiapkan untuk dilakukan, bahkan dua hari lalu tim dari SKK Migas sudah melakukan kunjungan dan ia bersama pihak terkait menemui tim tersebut, salah satu tujuan kunjungan ini adalah membahas persiapan pelatihan kecakapan hidup.

Tim dari SKK Migas yang melakukan kunjungan ke Pemkab Kukar itu dipimpin Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi Perwakilan Kalimantan - Sulawesi Wisnu Wardana, didampingi Fairus Abdi selaku Analisis Sektor Departemen Formalitas dan Komunikasi Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi beserta jajaran SKK Migas lainnya.

Sementara dari Pemkab Kukar tampak hadir Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setkab Kukar Muhammad Reza, Perwakilan Bappeda Kukar, Bagian Pembangunan yang diwakili Ismael, kemudian Bagian Perekonomian diwakili oleh Rahel.

Untuk pendampingan pelatihan menjelang akhir tahun ini, lanjut Bambang, masih ada beberapa program kerja sama dengan SKK Migas yang masih dalam tahap penyesuaian APBD Perubahan, sehingga perlu waktu, namun ia mendorong instansi terkait untuk segera menyelesaikan karena makin mendekati akhir tahun.

“Pada prinsipnya Pemkab Kukar siap melanjutkan program kerja sama yang sejak beberapa tahun lalu telah terbina dan terpelihara dengan baik, bahkan kami berharap program kerja sama peningkatan SDM hingga pengentasan kemiskinan ini terus berlanjut dan makin ditingkatkan, demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," katanya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024