Pejabat Sementara (PJs) wali Kota Balikpapan Ahmad Muzakkir berharap antara Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD setempat untuk memperkuat sinergi untuk menciptakan keharmonisan dalam membangun daerah.

"Pelantikan ini merupakan momen penting untuk memperkuat sinergi antara jajaran Pemkot dengan DPRD Kota Balikpapan," ujarnya, di Balikpapan, saat menghadiri pelantikan pimpinan DPRD definitif,  Selasa (15/10).
 
Menurutnya, sinergi itu akan menciptakan harmonisasi dan berkelanjutan dalam melayani masyarakat Kota Balikpapan, khususnya dengan pasangan kepala daerah Kota Balikpapan yang akan terpilih nanti  melalui Pilkada serentak pada November 2024 mendatang.
 
Dia juga berharap pelantikan unsur pimpinan DPRD definitif menjadi titik awal bagi DPRD Kota Balikpapan untuk segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD).
 
"Dengan dibentuknya AKD, maka proses legislasi dan pengawasan dapat berjalan dengan baik," kata Muzzakir.
 
Hal ini juga sekaligus menandai dimulainya babak baru di legislatif Kota Balikpapan.
 
Muzakkir berharap babak baru kepemimpinan ini mampu mendukung jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di kota ini selama lima tahun ke depan.
 
"Peran dan fungsi DPRD begitu penting dan sentral, maka figur atau profil pimpinan dan anggota dewan haruslah memiliki kompetensi yang prima," katanya.
 
Yaitu memiliki pengetahuan (knowledge) yang luas, kemampuan (skill) yang handal berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggungjawabnya.
 
Muzakkir menambatkan, hal tersebut juga harus satu jalur dengan sikap perilaku atau attitude yang baik, menjadi contoh sebagai pemimpin.
 
Dalam kesempatan tersebut, Muzakkir mewakili Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang hari ini dilantik sebagai ketua dan unsur pimpinan DPRD Kota Balikpapan masa jabatan 2024-2029
 
"Pemkot Balikpapan berharap kepada unsur pimpinan DPRD mampu menjalankan amanat, tugas sebagai wakil rakyat di parlemen," harapnya.
 
Ketua DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri yang baru saja dilantik menambahkan selama lima tahun ke depan, tugas berat dalam mengemban amanah masyarakat, akan dipikul bersama dalam kerangka kolektif kolegial. 
 
"Kita perjuangkan aspirasi masyarakat dengan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan," ujarnya.
 
Sekadar diketahui, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah masa jabatan tersebut, selain ditetapkan Ketua DPRD Definitif  juga ditetapkan wakil ketua, yakni Wakil Ketua I H. Yono Suherman, Wakil Ketua II Muhammad Taqwa, dan Wakil Ketua III Budiono. (Adv).

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024